Sukses

Datangkan 5 Muka Baru, Erick Thohir Sebut Timnas Indonesia Belum Berencana Tambah Pemain Naturalisasi

Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya belum punya rencana menambah pemain naturalisasi dalam waktu dekat. Pasalnya, Timnas Indonesia baru saja kedatangan 5 penggawa baru dari rentang akhir 2023 hingga awal tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan pihaknya belum punya rencana menambah pemain naturalisasi dalam waktu dekat. Pasalnya, Timnas Indonesia baru saja kedatangan lima penggawa baru dari rentang akhir 2023 hingga awal tahun ini.

Seperti diketahui, federasi sepak bola Tanah Air memang ngebut memperkuat skuad lewat program naturalisasi. Setelah sukses dengan Jordi Amat, Sandy Walsh, hingga Rafael Struick, PSSI kembali mendatangkan sejumlah nama yang diplot untuk menjadi opsi tambahan bagi pelatih Shin Tae-yong.

Jay Idzes menjadi nama pertama yang mengantongi status WNI di kloter ini usai mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada 28 Desember 2023. Nathan Tjoe-A-On menyusul dua setengah bulan berselang, tepatnya pada 11 Maret 2024.

Sementara itu, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes masih menjalani tahap akhir pemindahan kewarganegaraan. Berkas naturalisasi mereka baru ditandatangani DPR RI per Rabu (13/3/2024), untuk kemudian dapat diambil sumpahnya serta dibuatkan identitas Warga Negara Indonesia.

Erick Thohir pun mengapresiasi kerja sama DPR dalam menyukseskan program naturalisasi Timnas Indonesia. Kendati begitu, Ketum PSSI menyiratkan pihaknya bersama Shin Tae-yong belum akan menambah pemain naturalisasi usai gelombang awal tahun selesai.

"Saya belum bicara mengenai penambahan (pemain naturalisasi) karena kita masih fokus (menyelesaikan) proses naturalisasi yang hari ini saja," ucap ET saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

"Ini juga percepatannya sudah luar biasa. Terima kasih kepada Bapak Presiden, Ibu Puan selaku pimpinan DPR, Komisi III, Komisi X yang juga (membantu) melakukan percepatan. Jadi saya belum melihat itu (rencana penambahan naturalisasi)," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hitung-Hitung Skuad Timnas Indonesia

Adapun untuk saat ini, Erick Thohir mengeklaim tim pelatih bakal lebih dulu mencoba komposisi pemain serta menghitung ketersediaan penggawa yang ada. PSSI baru akan kembali melakukan naturalisasi apabila skuad Timnas Indonesia dirasa belum cukup.

"Komposisi kita masih coba, dengan Ragnar di depan, Thom di tengah, jumlahnya kita lagi hitung-hitung, sudah (cukup) belum komposisinya," papar Erick Thohir.

"Sebagai catatan, tim senior kita ini banyak yang di bawah 23 ya. Jadi artinya kalau ini dipecah lagi menjadi tim (yang berbeda) akan tipis lagi timnya," sambung pria yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

3 dari 3 halaman

Debut Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Sekadar informasi, ejumlah pemain naturalisasi berpotensi debut saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On jadi dua nama pertama yang bisa dimainkan Shin Tae-yong pada 21 Maret 2024.

Adapun Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen harus lebih dulu bersabar lantaran keduanya belum mengantongi status WNI. Mereka kemungkinan baru bisa tampil di laga kedua pada 26 Maret, sementara Maarten Paes untuk sementara belum dipanggil ke skuad Garuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.