Sukses

5 Pemain Top yang Bakal Jadi Agen Bebas Musim Panas 2024: Kylian Mbappe Termasuk

Bursa transfer musim panas 2024 semakin dekat. Sejumlah pemain sepak bola papan atas bakal menyaksikan kontraknya berakhir di klub masing-masing pada pertengahan tahun ini. Ada setidaknya lima pemain top yang berpotensi jadi agen bebas pada akhir musim. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Bursa transfer musim panas 2024 makin dekat. Sejumlah pemain sepak bola papan atas bakal menyaksikan kontraknya berakhir di klub masing-masing pada pertengahan tahun ini.

Situasi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh tim-tim lain untuk berburu amunisi tambahan dengan harga lebih terjangkau.

Tak menutup kemungkinan, klub dapat memperoleh opsi menggiurkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam demi menebus biaya transfer.

Hanya saja, persoalan gaji tetap perlu menjadi pertimbangan, mengingat pemain top umumnya mendapat bayaran reguler bernilai cukup tinggi.

Kylian Mbappe jadi salah satu prospek menarik. Mesin pencetak gol Paris Saint-Germain itu sudah diakui bakatnya di kancah Eropa menyusul keberhasilan dia merengkuh berbagai gelar bersama PSG dan Timnas Prancis.

Termasuk Mbappe, ini daftar lima pemain sepak bola papan atas yang bakal tersedia secara gratis di bursa transfer musim panas 2024. Klub manakah yang berhasil angkut?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe bakal menemui pengujung masa bakti dengan Paris Saint-Germain dalam waktu dekat. Kontraknya di Parc des Princes bakal berakhir pada musim panas 2024.

Mbappe diduga tak ingin lagi memperpanjang kesepakatan dengan PSG lantaran hendak mencari petualangan baru. Pemain Timnas Prancis itu sejatinya sudah hampir meninggalkan Les Parisiens pada 2022, sebelum ia membuat manuver mengejutkan dengan memperpanjang masa kontrak bersama klub di negara asalnya.

Sayangnya, meski tak akan lagi terikat kontrak dengan PSG musim panas ini, Mbappe kemungkinan sudah tak tersedia untuk diperebutkan tim-tim papan atas Eropa. Pemain berusia 25 tahun itu santer dikabarkan sudah menyepakati kontrak berdurasi 5 tahun dengan Real Madrid

Los Blancos bahkan diklaim rela menggelontorkan dana besar demi mendanai kepindahan Mbappe ke Santiago Bernabeu. Meski tak perlu membayar biaya transfer, Real Madrid kabarnya akan memberi bonus penandatanganan sebesar 128 juta poundsterling yang dibayarkan selama 5 tahun serta gaji 12,8 juta poundsterling per musim.

3 dari 6 halaman

2. Luka Modric

Luka Modric sejatinya merupakan bintang loyal milik Real Madrid. Dia tercatat telah menghabiskan waktu selama 14 tahun berkarier di Santiago Bernabeu.

Sayangnya, masa bakti Modric bersama Los Blancos berakhir dalam waktu dekat. Laporan 90min mengungkap pesepak bola berusia 38 tahun akan kehabisan kontrak pada pengujung kampanye 2023/2024, setelah dirinya sempat menyegel kesepakatan baru musim panas lalu.

Adapun Modric perlahan-lahan memang mulai kekurangan menit bermain bersama Real Madrid. Dia tercatat diturunkan dalam 23 pertandingan LaLiga untuk Los Blancos musim ini, tetapi hanya 12 di antaranya di mana sang pemain berposisi sebagai starter.

4 dari 6 halaman

3. Raphael Varane

Raphael Varane sejatinya pernah menjadi pemain yang cukup diandalkan oleh Manchester United. Akan tetapi, 90min mencatat namanya belakangan tak lagi konsisten muncul sebagai pilihan utama di Old Trafford.

Manajer Setan Merah Erik ten Hag bahkan sempat beberapa kali menggunakan pemain juara Piala Dunia sebagai pilihan terakhir di lini belakang. Bahkan, ada momen ketika Raphael Varane kalah saing dari bek veteran Jonny Evans dalam skuad racikan Ten Hag.

Situasi ini membuat Varane santer dikaitkan dengan pintu keluar Old Traford. Kebetulan, kontraknya memang bakal berakhir pada mengujung kampanye 2023/2024.

Laporan 90min menyebut Varane kemungkinan tak bakal terlalu sulit mencari klub baru. Ada banyak pelamar yang diklaim mengantre untuk menyewa jasanya di bursa transfer musim panas mendatang.

5 dari 6 halaman

4. Toni Kroos

Toni Kroos merupakan salah satu pemain senior yang dimiliki Real Madrid. Meski Los Blancos sejatinya sudah mulai mengambil langkah untuk meremajakan lini tengah mereka dalam beberapa tahun terakhir, pesepak bola asal Jerman nyatanya masih mampu bermain di level tinggi bersama klub raksasa Prancis.

Situs Transfermarkt mencatat Kroos sendiri masih tampil dalam 37 pertandingan di semua kompetisi untuk Real Madrid. Kontribusi berupa 1 gol dan 7 assists pun sanggup diberikan oleh gelandang berusia 34 tahun pada timnya.

Malang kontrak Toni Kroos dijadwalkan berakhir pada musim panas 2024. Kelanjutan kariernya bersama Los Blancos masih menjadi teka-teki, sehingga dia digadang-gadang berpotensi masuk dalam daftar pemain gratisan di bursa transfer mendatang.

Walau begitu, ada pula klaim yang menyebut Kroos akan bertahan lebih lama bersama Real Madrid. Laporan DailySports mengeklaim pihak klub dan sang pemain sudah mencapai kesepakatan untuk menambah masa bakti pesepak bola Jerman sampai musim panas 2025.

6 dari 6 halaman

5. Jorginho

Jorginho baru direkrut Arsenal pada bursa transfer Januari 2023. Gelandang Italia berusia 32 tahun itu menjadi alternatif bagi The Gunners setelah gagal mendaratkan Moises Caicedo di Emirates.

Kendati demikian, Jorginho mampu membuktikan dirinya sebagai opsi berguna buat Mikel Arteta. Hanya saja kedatangan Declan Rice sedikit membatasi peluangnya untuk bersinar.

Adapun Jorginho bakal kehabisan kontrak di klub London pada Juni 2024. Ada spekulasi yang menyebut dia berpotensi kembali ke Italia.

Namun, laporan Evening Standard yang dilansir dari Daily Mail pada awal Maret ini mengeklaim The Gunners tengah mempertimbangkan prospek menghadiahi Jorginho dengan kesepakatan yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.