Sukses

Barcelona Rebutan Pelatih Baru dengan Liverpool, Kandidatnya Datang dari Portugal

Barcelona kembali melanjutkan kiprahnya berburu pelatih baru jelang musim 2024/2025. Laporan teranyar mengungkap klub raksasa Catalan bakal berebut sosok pelatih Portugal dengan Liverpool.

Liputan6.com, Jakarta- Barcelona kembali melanjutkan aksinya berburu pelatih baru jelang musim 2024/2025. Laporan teranyar mengungkap klub raksasa Catalan sudah mengantongi kandidat yang hendak didapuk sebagai suksesor Xavi Hernandez di Spanyol.

Adalah Ruben Amorim yang kini menjadi nama terdepan dalam daftar calon pelatih baru Barcelona. Sayangnya, tim LaLiga harus siap bersaing dengan klub papan atas Liga Inggris, yakni Liverpool, yang digadang-gadang turut menaruh hati pada Amorim.

Seperti diketahui, Blaugrana memang segera kehilangan pelatihnya pada akhir musim. Xavi Hernandez sudah mengutarakan keinginan untuk mundur dari kursi panas klub, meski kontraknya bersama Barca sejatinya berlangsung hingga 2025.

Di sisi lain, Liverpool juga bakal menyaksikan kepergian manajer legendaris Jurgen Klopp pada pengujung kampanye 2023/2024. Terlepas dari kinerjanya yang diakui di Anfield, pelatih asal Jerman memilih meninggalkan jabatan yang sudah sembilan tahun diemban di Liverpool.

Kebetulan Ruben Amorim berpotensi tersedia pada musim panas 2024. Football Transfers melaporkan, juru taktik berusia 39 tahun memang cukup dekat dengan pintu keluar Sporting CP.

Situasi tersebut membuat Barcelona dan Liverpool kompak dikabarkan tertarik mengejar tanda tangannya. Kedua tim pun berpeluang saling sikut jika ingin mendaratkan Amorim di markas masing-masing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona Lebih Unggul Ketimbang Liverpool

Walau begitu, Barcelona bisa sedikit bernapas lega dalam upayanya mengamankan jasa manajer baru. Pemberitaan Independent yang dilansir dari Football Transfers mengeklaim Ruben Amorim lebih berpotensi gabung Blaugrana ketimbang tim-tim Eropa lain.

Tim raksasa Catalan sendiri sebenarnya sempat dikaitkan dengan sejumlah nama pasca keluarnya kabar pengunduran diri Xavi. Pelatih Brighton & Hove Albion Roberto De Zerbi hingga juru taktik Timnas Portugal Roberto Martinez diklaim berpotensi menjadi suksesor The Puppet Master.

Walau begitu, kabar terkini menyebut justru Ruben Amorim yang lebih dekat dengan lowongan di kursi panas Barcelona. Petinggi klub meyakini pria asal Portugal bakal menjadi kandidat paling tepat untuk menukangi Blaugrana, menyusul keberhasilannya membangun Sporting CP serta mengantar tim tersebut memenangkan gelar liga untuk pertama kali sejak 19 tahun terakhir pada 2021 silam.

3 dari 4 halaman

Liverpool Bisa Kejar Xabi Alonso

Tanpa Ruben Amorim, Liverpool masih mengantongi kandidat potensial lain untuk menggantikan posisi Jurgen Klopp. Sang pemuncak klasemen sementara Liga Inggris bisa merekrut Xabi Alonso yang juga dirumorkan bakal hengkang dari Bayer Leverkusen akhir musim ini.

Pelatih asal Spanyol pun boleh dikata sudah tidak asing dengan situasi Liverpool. Dia pernah menghabiskan waktu sekitar 5 tahun memperkuat The Reds, terhitung sejak periode 2004 hingga 2009.

Sayangnya, misi Liverpool mengamankan tanda tangan Alonso diprediksi tak akan berjalan mudah. Pelatih berusia 42 tahun turut diminati oleh mantan klubnya Bayern Munchen, yang sudah mengakhiri kerja sama dengan Thomas Tuchel di pengujung kampanye 2023/2024.

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga Spanyol 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.