Sukses

Perjalanan 34 Tahun Suwendi Kembangkan Darts di Indonesia, Bidikan Jitu Menuju Prestasi

Suwendi adalah salah satu tokoh dalam perjalanan darts sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia. Meski bukan olahraga populer, dia dengan penuh keyakinan dan ketekunan mengembangkan darts di Indonesia selama 34 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Suwendi adalah salah satu tokoh dalam perjalanan darts sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia. Meski bukan olahraga populer, dia dengan penuh keyakinan dan ketekunan mengembangkan darts di Indonesia selama 34 tahun.

Asa untuk membesarkan darts di Indonesia tak pernah padam dalam benak ayah kandung dari Indah Wisnuwardhana, vokalit band tenar Maliq & D'Essentials ini.

Suwendi. atau akrab disapa dengan panggilan “Pak Wendi” di komunitas darts, lahir pada 29 Agustus 1950. Awalnya Pak Wendi memulai karier olahraga dengan bermain sepak bola di tahun 1970-an.

Perkenalannya dengan darts terjadi di tahun 1990. Saat itu Pak Wendi yang bekerja aktif sebaagi karyawan PT Pertamina ditugaskan untuk belajar dan berlatih darts oleh atasannya sebagai persiapan untuk mengikuti berbagai turnamen antar perusahaan minyak dan gas yang secara reguler berlangsung.

Dari sini Pak Wendi menunjukan bakat yang berbuah menjadi prestasi, baik itu kancah lokal maupun internasional. Dimulai tahun 1996, ia mendapatkan juara 1 Steeltip Tim Dart Pertamina melawan tim internasional seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei, dan Vietnam.

Tahun 2016, Pak Wendi kembali menguasai berbagai gelar, di antaranya podium tertinggi Open Single Soft Dart Rumble mesin Darts live 2 di ICERA Resto, juara 1 prost Soft Dart Tournament Open Single mesin Phoenix di Garding Serpong, juara 1 Double with Andersen Tjoeng mesin V-Dart di Weisbeer PIK untuk mewakili ke Kuala Lumpur. Sedangkan tahun 2017, dia memenangkan Single Open Steeltip di Euro Cafe Kelapa Gading.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tetap Semangat Kembangkan Darts di Indonesia

Selain kumpulan prestasi, Pak Wendi telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Melalui perjuangan gigih, ia mengajarkan nilai-nilai dan kerja keras kepada pemain dengan menjadi pelatih Tim Dart di PT Pertamina hingga 2011.

Pengalaman 34 tahun melalui berbagai rintangan untuk mencapai puncak keberhasilan tidak selalu mulus. Covid-19 yang sempat membuatnya absen berkompetisi tidak menurunkan semangatnya dalam berlatih.

Cedara bahkan kegagalan dalam kompetisi pernah ia lalui. Namun Pak wendi berpendapat selalu ada menang dan kalah, jika gagal harus menambah waktu latihan dan memperbaiki teknik cara melempar. 

 

3 dari 3 halaman

Kunci Sukses Meraih Prestasi di Darts

Menurut Pak Wendi, secara umum teknik dasar bermain darts, pertama adalah mengambil posisi berdiri yang tegak. Kedua menjaga keseimbangan agar anak panah tidak meleset. Ketiga, pegang anak panah dengan posisi yang benar.

Selain teknik-teknik dasar tersebut, pemain darts juga harus memiliki mental dan kecerdasan baik itu secara intelegensia dengan kemampuan menghitung yang baik, maupun kecerdasan emosional untuk fokus dan tenang agar anak panah tepat sasaran, terakhir untuk eksekusi, pemain darts harus harus memiliki power pada siku tangan agar anak panah melayang dengan lurus. 

Pak Wendi sangat berharap darts tidak hanya menjadi permainan hiburan dan hobi tapi juga bisa memiliki induk organisasi yang bisa menjadi wadah dan payung hukum bagi pengembangan darts di Indonesia. Maka nantinya bisa bergabung dengan cabang olahraga di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di event olahraga nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini