Sukses

Manchester United Harus Bayar Rp400 M Demi Rekrut Dan Ashworth Jadi Direktur Olahraga

Manchester United harus rela membayar kompensasi mahal yang nilainya hampir mencapai Rp400 miliar jika ingin segera mendapatkan Dan Ashworth sebagai Direktur Olahraga di Old Trafford.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United harus rela merogoh kocek dalam-dalam demi mewujudkan ambisinya membajak Direktur Olahraga Dan Ashworth dari Newcastle United.

The Magpies konon menuntut kompensasi besar, yang nilainya nyaris mencapai Rp400 miliar, sebagai ganti kepergian sosok penting di balik layar mereka.

Seperti diketahui, Setan Merah memang sedang sibuk merombak manajemen dan menciptakan wajah baru di klub, menyusul kedatangan Sir Jim Ratcliffe sebagai pemilik saham minoritas.

Salah satu langkah besar yang diambil MU ialah dengan memboyong tokoh penting Newcastle United, Dan Ashworth. Laporan Daily Mail via Metro menyiratkan Ashworth memang cukup tertarik dengan lowongan di Old Trafford.

Pria berusia 52 tahun tersebut bahkan sudah mengutarakan keinginannya untuk pergi dari St James' Park demi bergabung dalam tim CEO INEOS.

Namun, Manchester United tetap harus berhadapan dengan situasi sulit. Setan Merah harus membayar kompensasi besar atau menunggu cukup lama sampai Ashworth bisa benar-benar bergabung dengan Setan Merah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan MU Harus Beri Kompensasi Mahal

Mengutip laporan Metro, Dan Ashworth saat ini tengah diberi gardening leave oleh Newcastle United.

Dalam sistem pekerjaan Inggris, gardening leave merujuk pada situasi ketika seorang pekerja hendak meninggalkan pekerjaannya dengan alasan mengundurkan diri atau diberhentikan, sehingga dia tidak diizinkan mengerjakan tanggung jawabnya, tetapi tetap menerima hak yang disepakati di awal rekrutmen.

Alhasil Manchester United kini harus menunggu sampai gardening leave Ashworth tuntas di Newcastle. Metro memperkirakan Setan Merah bakal menanti sampai 2026, sebelum bisa mendatangkan direktur idamannya secara resmi ke Old Trafford.

Opsi lain, Setan Merah bisa saja memiliki Ashworth lebih cepat. Namun, mereka harus siap membayar kompensasi yang nilainya diperkirakan lebih dari 20 juta poundsterling atau hampir mencapai Rp400 miliar.

3 dari 4 halaman

MU Tak Punya Pilihan

Untuk ukuran kesepakatan bagi direktur olahraga, kompensasi Dan Ashworth jelas bernilai tinggi. Setan Merah sejatinya juga diklaim tak tertarik memenuhi harga itu.

Hanya saja, Metro merasa Manchester United tidak punya pilihan lain. Apalagi legenda klub Gary Neville menilai penting bagi MU merekrut sosok direktur olahraga yang tepat sebelum bursa transfer musim panas mendatang.

"Sangat penting bagi Manchester United untuk mendapatkan seseorang yang bisa mengisi posisi tersebut di brusa transfer berikutnya," ucap Neville dalam Sky Sports, seperti dilansir dari Metro.

"Jika mereka salah langkah di jendela transfer, mereka mungkin akan menghabiskan 100 juta poundsterling lagi. Jadi penting bagi (MU) untuk mendapatkan orang yang tepat (sebagai direktur olahraga)," sambung dia.

4 dari 4 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.