Sukses

Hasil BATC 2024: Tim Putra Indonesia Disingkirkan China, Catat Rekor Terburuk

Tim putra Indonesia harus mengakui keunggulan China 2-3 pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 di Setia City Convention Centre, Selangor, Jumat (16/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra Indonesia harus mengakui keunggulan China 2-3 pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2024 di Setia City Convention Centre, Selangor, Jumat (16/2/2024).

Tidak seperti saat menghadapi Korea Selatan di laga fase grup BATC 2024, poin bagi Indonesia pada laga ini disumbang ganda Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Keduanya berjaya dan membantu Indonesia menyamakan kedudukan setelah tertinggal dua kali.

Sementara pemain tunggal yang cemerlang melawan Korsel justru menderita kekalahan, termasuk Yohanes Saut Marcellyno di partai penentu.

"Saya minta maaf karena tidak bisa menyumbangkan angka bagi Indonesia. Saya merasa sangat kecewa. Sebagai pemain pertama, saya yang diharapkan malah tidak menyumbang angka," kata Chico Aura Dwi Wardoyo, dilansir keterangan resmi PBSI.

"Penampilan saya hari ini jauh dari yang direncanakan. Tidak bisa keluar sama sekali. Apa yang dipersiapkan sejak kemarin, tidak bisa ditampilkan di lapangan," sambungnya.

Kandas di babak 8 besar merupakan rapor terburuk putra Indonesia sepanjang mengikuti BATC. Merah Putih sebelumnya menjuarai tiga edisi pertama dan kalah dari Malaysia di final 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Lengkap Indonesia vs China di BATC 2024

Tunggal 1: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Weng Hong Yang 11-21, 11-21

Ganda 1: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs He Ji Ting/Ren Xiang Yu 21-19, 21-19

Tunggal 2: Alwi Farhan vs Lei Lan Xi 14-21, 10-21

Ganda 2: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Chen Bo Yang/Liu Yi 21-14, 21-18

Tunggal 3: Yohanes Saut Marcellyno vs Wang Zheng Xing 15-21, 22-24

3 dari 3 halaman

Tim Putri Indonesia Lolos ke Semifinal BATC 2024

Tim putri Indonesia sebelumnya mengalahkan tuan rumah Malaysia 3-0. Mereka lolos ke semifinal dan bakal menghadapi Thailand yang menyingkirkan Chinese Taipei.

Pemain pertama yang turun Putri Kusuma Wardani mempersembahkan angka pembuka bagi Indonesia melalui kemenangan rubber.

Begitu pula ganda pertama yang tampil selanjutnya. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto mampu mengalahkan jagoan Negeri Jiran Pearly Tan/Thinaah Muralitharan juga lewat tiga gim.

"Dari awal kami tidak berekspektasi bisa mengalahkan mereka di kandangnya. Bersama Lanny kami hanya bermain nothing to lose saja. Tidak berpikir soal menang atau kalah," ungkap Ribka, melalui keterangan PBSI

Ternyata hasilnya kami bisa bermain enak dan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Kalau berekspektasi terlalu tinggi biasanya malah hasil akhirnya tidak sesuai ysng diinginkan," sambungnya.

Dalam posisi kuat, Indonesia akhirnya memastikan tiket semifinal BATC 2024 melalui aksi tunggal kedua Ester Nurumi Tri Wardoyo.

Dengan skor 3-0, ganda kedua Amallia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose dan tunggal ketiga Komang Ayu Cahya Dewi tidak perlu bermain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.