Sukses

Kejuaraan Beregu Asia 2024: Tim Putra Indonesia Waspadai Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana menyebut Korea Selatan sebagai rival utama pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (Badminton Asia Team Championship/BATC) 2024 yang berlangsung di Malaysia pada 13-20 Februari.

Indonesia masuk Grup D pada putaran awal BATC 2024 bersama Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

“Korea juga main full team (tim utama), kalau tidak salah. Saya lihat, Seo (Seung-jae) juga main,” kata Fikri merujuk juara dunia 2023 bersama Kang Min-hyuk, itu.

Indonesia menurunkan tim pelapis pada BATC 2024, dengan pemain utama dipersiapkan menghadapi tur Eropa. Meski nama-nama besar absen, Fikri/Bagas tetap optimistis dengan peluang Merah Putih.

Mereka merujuk capaian edisi sebelumnya tahun 2022. Menerapkan strategi serupa, Indonesia bisa melangkah ke final sebelum dikalahkan Malaysia.

“Peluangnya ada, apalagi kami mainnya juga bagus-bagus. Yang penting, percaya diri dulu,” kata Bagas.

“Dua tahun lalu, kita bisa final dengan tim pelapis. Semoga tahun ini juga minimal bisa sama, harapannya begitu,” tambah Fikri dilansir Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fikri/Bagas Jadi Ganda Pertama Indonesia di BATC 2024

Pada BATC 2024, Fikri/Bagas akan turun sebagai ganda putra pertama Indonesia. Keduanya mengaku bersemangat untuk menampilkan performa terbaik dan memberikan poin untuk tim. 

“Persiapan sejauh ini sudah cukup bagus. Yang penting penampilan bisa maksimal di pertandingan mendatang,” kata Bagas.

“Sekarang posisi kami di ganda pertama, ya, harus siap. Lawan-lawannya juga sebenarnya sama saja seperti di turnamen. Jadi, kami ingin mencoba terus. Bisa diambil sisi positifnya karena lawannya juga bagus-bagus apalagi kalau bisa dapat poin buat tim, biar tim lebih semangat lagi juga,” jelas Fikri.

Indonesia mengandalkan Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah untuk mengisi sektor tunggal tim putra. Sedangkan di sektor ganda, hadir trio Fikri/Bagas, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sementara di tim putri diisi Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja di sektor tunggal. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari, dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari jadi andalan sektor ganda.

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Kejuaraan Beregu Asia 2024

Tim Putra

Grup A: China, India, Hong Kong

Grup B: Malaysia, Chinese Taipei, Kazakhstan, Brunei

Grup C: Jepang, Thailand, Singapura, Myanmar

Grup D: Indonesia, Korea, Uni Emirat Arab, Arab Saudi

Tim Putri

Grup W: China, India

Grup X: Indonesia, Hong Kong, Kazakhstan

Grup Y: Thailand, Malaysia, Uni Emirat Arab

Grup Z: Jepang, Chinese Taipei, Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini