Sukses

FFP Mengancam, Ratcliffe Punya Siasat Cerdik untuk Manchester United di Musim Panas 2024

Ratcliffe tak bisa belanja mewah di musim panas 2024 sehingga menyusun rencana cerdik agar Manchester United tetap berjaya.

Liputan6.com, Jakarta- Kehadiran investor baru Sir Jim Ratcliffe tidak bisa membuat Manchester United leluasa belanja pemain mahal di bursa transfer musim panas 2024. MU harus berhati-hati saat merekrut pemain bila tidak ingin tersandung Financial Fair Play (FFP).

Seperti diketahui, Sir Jim Ratcliffe resmi membeli 25 persen saham MU dari keluarga Glazer pada penghujung tahun 2023 lalu. Namun dia belum bisa terlibat aktif pada Januari 2024 karena proses pembelian saham masih perlu diratifikasi pengelola Premier League.

Kehadiran Ratcliffe membuat fans MU senang. Mereka berharap pria Inggris itu bersedia jor-joran mengeluarkan uang untuk membeli pemain. Tapi laporan terbaru ESPN pada Selasa (6/2/2024) menunjukkan fans MU siap-siap gigit jari.

Meski sudah bisa bekerja Ratcliffe tidak bisa seenaknya membeli pemain mahal. FFP jadi ancaman serius bagi MU. Mereka sudah keluar uang terlalu banyak dalam beberapa jendela transfer terakhir. Di musim panas 2023 saja, MU menghabiskan lebih dari 170 juta poundsterling.

Menurut sumber ESPN, Ratcliffe tidak bisa belanja terlalu mewah tapi sudah memiliki cara menyiasatinya agar tetap bisa membangun skuad yang kompetisi untuk MU di musim mendatang. MU akan membidik pemain-pemain bagus yang kontraknya sudah tinggal sebentar lagi habis sehingga harganya tidak akan terlalu mahal.

Hingga saat ini ada empat pemain kategori tersebut yang masuk radar MU yakni gelandang bertahan Joshua Kimmich dari Bayern Munchen, penyerang Lille Jonathan David, bek kiri Munchen Alphonso Davies dan gelandang Nice Khephren Thuram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

City dan Real Madrid Pengancam Ambisi MU

Yang paling berat untuk didapat adalah Davies. Pemain asal Kanada tersebut dilaporkan lebih memprioritaskan pindah ke klub LaLiga Real Madrid ketimbang bergabung bersama MU.

Adapun untuk Kimmich, MU juga harus bersaing dengan rival sekota Manchester City. Bila Josep Guardiola bertahan melatih City maka Kimmich kemungkinan lebih suka pindah ke Etihad Stadium ketimbang Old Trafford.

3 dari 4 halaman

Dua Pemain Murah Liga Prancis Masuk Radar MU

Praktis David dan Thuram yang paling mudah didapatkan. Kedua pemain klub Liga Prancis itu praktis cuma dibidik beberapa klub Liga Italia seperti Juventus, Inter Milan dan AC Milan. MU diyakini masih bisa unggul dari ketiga klub Italia tersebut.

Thuram disiapkan menjadi pengganti Casemiro yang kemungkinan akan dijual MU. Adapun David bakal jadi penerus Anthony Martial di lini depan Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.