Sukses

Hasil Piala Asia 2023: Aymen Hussein 2 Gol, Irak Lolos 16 Besar Usai Gasak Jepang

Irak menjadi tim pertama dari grup D yang memastikan lolos ke-16 besar Piala Asia 2023 usai menang 2-1 atas Jepang.

Liputan6.com, Doha- Timnas Irak berhasil menggasak Jepang 2-1 pada laga kedua grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Education City, Jumat (19/11/2024). Striker tajam Irak, Aymen Hussein berhasil mencetak 2 gol kemenangan.

Sedangkan Jepang mencetak gol telat lewat Wataru Endo.Dengan kemenangan ini, Irak berhasil merebut tiket ke-16 besar Piala Asia 2023. Irak menyusul Qatar yang juga meraih dua kemenangan sehingga otomatis lolos ke babak 16 besar.

Irak dengan demikian mengoleksi 6 poin dari dua laga. Sebelumnya, Irak mengalahkan Timnas Indonesia 3-1 pada laga pertama.

Sama-sama menurunkan skuad terbaik, Jepang sudah dikejutkan dengan gol dari Aymen Hussein di menit ke-5. Sebuah gol fantastis yang mengejutkan Samurai biru.

Aymen Hussein kembali melakukan aksi fantastisnya di menit 45+4. Dia mencetak gol kedua sekaligus membuat skor jadi 2-0 yang menjadi penutup laga babak pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak 2 Irak vs Jepang

 

Jepang mencoba untuk bangkit di babak kedua. Sedangkan Irak memasukkan dua pemain Mohanad Ali dan Merchas Doski.

Sedangkan Jepang memasukkan bek senior Tomiyasu. Pada menit ke-57, Asano sempat dijatuhkan di kotak penalti. Namun VAR tak mengabulkan permintaan penalti Jepang.

Menit ke-81, giliran Ritsu Doan dapatkan peluang. Namun sundulannya masih melebar dri gawang Irak. 

Wataru Endo memperkecil skor jadi 2-1 di menit ke-90+3. Manfaatkan umpan tendangan sudut dari Hatate, sundulan Endo meluncur mulus ke gawang Irak. Jepang bikin peluang jelang pertandingan berakhir. Tapi skor 2-1 tetap bertahan.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Irak vs Jepang

 

Irak (4-2-3-1): Jalal Hasan; H Ali, S Natiq, R Sulaka, Al Hajjaj; F Putros, Al Ammari; F Amyn, Ibrahim Bayesh, Ali Jassim; Aymen Hussein

Jepang (4-2-3-1): Zion Suzuki; Sugawara, Itakura, Taniguchi, Ito; Endo, Morita; J Ito, Kubo, Minamino; Asano

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.