Sukses

Jose Mourinho Dipecat, Legenda AS Roma Jadi Kandidat Pengganti

AS Roma memecat Jose Mourinho dari kursi pelatih. Pakar transfer Fabrizio Romano menyebut legenda I Giallorossi Danielle De Rossi sebagai kandidat pengganti terkuat.

Liputan6.com, Jakarta - AS Roma memecat Jose Mourinho dari kursi pelatih. Pakar transfer Fabrizio Romano menyebut legenda I Giallorossi Danielle De Rossi sebagai kandidat pengganti terkuat.

Kontrak Mourinho di Roma habis selepas 2023/2024. Namun, kekalahan 1-3 dari AC Milan akhir pekan lalu memaksa manajemen mengambil tindakan.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Jose atas kontribusinya kepada klub. Kami akan selalu punya kenangan indah selama kehadirannya di sini. Tapi kami percaya perubahan harus dilakukan demi kepentingan terbaik klub. Kami mendoakan Jose dan asistennya yang terbaik pada pekerjaan selanjutnya," tulis keterangan resmi pemilik Roma, Dan dan Ruan Friedkin.

Hasil minor kontra Milan membuat Roma terdampar di peringkat sembilan Liga Italia 2023/2024. Romelu Lukaku dan kawan-kawan dalam performa buruk karena cuma menang sekali di enam pertandingan terakhir Serie A. Selain itu, Roma juga disingkirkan rival sekota Lazio dari Coppa Italia.

AS Roma dan Mourinho berkolaborasi pada Mei 2021. Arsitek asal Portugal itu membawa Roma menjuarai UEFA Conference League pada kampanye debutnya. Itu adalah gelar pertama Roma dalam 11 tahun. Mourinho juga membimbing Roma mencapai final Liga Europa musim lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jose Mourinho Sebelumnya Tegaskan Komitmen

Sebelum keputusan ini keluar, Mourinho menegaskan komitmen terharap Roma meski ikatan kerjanya segera hangus.

"Saya sudah dua setengah tahun di sini dan tidak pernah melewatkan sesi latihan. Dalam periode itu saya tidak pernah melakukan kesalahan," ujar Mourinho.

"Maka saya tidak terima jika profesionalisme saya dipertanyakan," lanjutnya.

Mourinho memiliki karier panjang dan jadi salah satu pelatih tersukses di Eropa. Dia merebut berbagai trofi bersama FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United.

Sosok asal Portugal itu bergabung di Roma hanya dua pekan setelah dipecat Tottenham Hotspur.

3 dari 3 halaman

De Rossi Jadi Kandidat Pengganti Jose Mourinho

Romano menyebut De Rossi merupakan pilihan pertama manajemen AS Roma sebagai pengganti Mourinho. Sosok berusia 40 tahun itu sebelumnya membela I Giallorossi pada periode 2001 hingga 2019. De Rossi menutup karier bersama klub Argentina Boca Juniors tahun 2020.

Dia kemudian menjadi asisten Roberto Mancini saat Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020. De Rossi saat ini menganggur setelah sempat bekerja sebagai manajer klub Serie B SPAL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.