Sukses

Prediksi 3 Formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023: Siapa Jadi Starter?

Timnas Indonesia bakal menghadapi tiga pertandingan sulit di grup D Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia sudah memulai pemusatan latihan atau TC di Antalya Turki sejak 20 Desember samp Justin Hubnerai 6 Januari 2024. Tim asuhan Shin Tae-Yong membawa 28 pemain untuk TC kali ini.

Untuk TC kali ini, 18 pemain berangkat dari Jakarta. Sedangkan 10 pemain lainnya berangkat dari Eropa usai menjalankan tugas masing-masing dengan klub.

Pemain diaspora seperti Justin Hubner, Elkan Baggott dan Sandy Walsh dikabarkan baru gabung pada 1 Januari 2024 nanti di TC Timnas Indonesia. Sedangkan dua pemain yaitu Rahmat Irianto dan Yance Sayuri terpaksa dicoret karena cedera.

Timnas Indonesia berlatih keras utamanya menggenjot kekuatan fisik jelang Piala Asia 2023. Soalnya, Indonesia menghadapi lawan-lawan kuat di grup D yaitu Vietnam, Jepang dan Irak.

Penggawa Garuda terus digenjot fisik dan skill-nya oleh seluruh staf kepelatihan yang dipimpin Shin Tae-yong. Pola makan tentunya turut juga terus dijaga. Asnawi Mangkualam cs mesti keluar dari zona nyaman mereka untuk terus meningkatkan level mereka sebelum menuju Doha, Qatar.

“Kondisi sangat baik, fit, sehat, happy, bersyukur saya di sini dengan teman-teman. Latihan sangat berat, kita butuh ini untuk Asian Cup nanti. Fisik harus naik dan sampai saat ini latihan sangat baik, semua saya pikir adaptasi dengan baik,” ujar Gelandang Marc Klok, Sabtu (23/12) seperti dikutip situs PSSI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Keluar dari Zona Nyaman

Marc Klok mengatakan, pemain Timnas Indonesia diharapkan bisa keluar dari zona nyaman. Rasa letih di latihan disebutnya harus ditahan agar bisa sukses di Piala Asia 2023.

Latihan timnas terbantu oleh cuaca yang hangat dan juga fasilitas latihan yang sangat baik. Selain itu, udara yang bersih membuat seluruh pemain tampak antusias melahap menu latihan.

“Hari ini latihan satu lawan satu, dua lawan dua, tiga lawan tiga, kita latihan lari fisik, kita latihan lompat, fisik-fisik semua fisik, untuk minggu ini atau dua minggu ini, supaya fisik kita terus naik sebelum mulai taktik," kata Klok.

"Siap mental (berlaga di Piala Asia), tapi fisik sangat beda nanti di level Asia, saya juga harus kasih maksimal untuk ambil di level baru nanti, dan dua minggu ini, tiga minggu ini, sangat penting buat saya dan tim semua untuk keluar dari zona nyaman."

Lalu bagaimana prediksi formasi Timnas Indonesia dengan 28 pemain yang ada? Siapa yang bakal jadi starter?

 

3 dari 5 halaman

Formasi Pertama Timnas Indonesia

Formasi 5-3-2 bakal menjadi formasi andalan Shin Tae-Yong di Piala Asia 2023. Indikasi itu juga terlihat saat mereka memposting selamat hari natal dengan formasi 5-3-2 yang membentuk seperti "pohon natal".

Berikut prediksi pemain-pemainnya:

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizki Ridho, Shayn Pattynama

Tengah: Ivan Jenner, Marselino, Jordi Amat

Depan: Rafael Struick, Dimas Drajad

 

4 dari 5 halaman

Formasi Kedua Timnas Indonesia

Formasi alternatif yang mungkin digunakan Timnas Indonesia yaitu 4-2-3-1. Mengapa? Formasi ini juga bisa mengakomodasi banyak pemain bertahan sekaligus menambah posisi gelandang.

Berikut prediksi starter untuk formasi ini:

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Elkan Baggott, Shayn Pattynama

Tengah 1: Marc Klok, Jordi Amat

Tengah 2: Saddil Ramdani, Ivan Jenner, Marselino

Depan: Rafael Struick

 

5 dari 5 halaman

Formasi Ketiga Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

 

Untuk formasi ketiga yaitu 4-3-3 atau 4-4-2. Formasi ini akan digunakan saat menghadapi lawan yang seimbang yaitu Vietnam. Timnas Indonesia akan berjuang untuk 3 poin di laga kedua melawan Vietnam nanti.

Berikut prediksi starternya:

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi, Justin Hubner, Elkan Baggott, Pratama Arhan/Shayn Pattynama

Tengah: Marselino, Ivar Jenner, Marc Klok/Jordi Amat

Depan: Saddil Ramdani, Dimas Drajad, Rafael Struick

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.