Sukses

Gabung Ducati di MotoGP 2024, Marc Marquez Beri Pesan Menohok untuk Repsol Honda

Marc Marquez memperingatkan Repsol Honda agar tidak bermimpi raih gelar atau bersaing jadi juara MotoGP 2024 kalau tidak memiliki faktor ini. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Marc Marquez sudah resmi gabung Gresini Ducati sejak akhir MotoGP 2023 lalu. Marquez meninggalkan 11 tahun petualangan indah dengan Repsol Honda yang sudah memberinya banyak kejayaan.

Kini, Repsol Honda diperkuat Luca Marini dan Joan Mir untuk MotoGP 2024. Honda berusaha bangkit dan raih kemenangan lagi dengan bantuan konsesi dari penyelenggara MotoGP, Dorna.

Namun, Marquez ragu Honda bisa kembali bersaing lagi di papan atas. Pembalap asal Spanyol itu menegaskan, motor Honda harus punya kecepatan kalau ingin berjuang lagi memperebutkan gelar juara MotoGP.

Gara-gara masalah ini Marquez frustrasi. Dua tahun dia pendam rasa frustrasi ini dan puncaknya harus hengkang dari Repsol Honda dan gabung tim yang lebih kencang, Ducati.

"Sangat sulit untuk melawan pembalap lain tanpa kecepatan maksimal," kata Marquez seperti dikutip crash.

"Di tes pramusim, kami menggunakan aerodinamika yang sangat kecil. Sekarang Honda pakai aerodinamika yang agak besar, tapi kecepatan lebih kecil. Jadi tentu saja, kalau memakai aerodinamika besar, motor Anda harus punya tenaga."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Tegas Marc Marquez untuk Honda

 

Sejak memperkuat Honda musim lalu, Marquez sudah menyuarakan agar Honda memperbaiki top speed mereka. Kini, pesan itu diungkapkannya lagi meski sudah berganti baju Ducati.

"Sebagai pembalap, saya selalu memberi yang terbaik di trek dan memberi komentar terbaik ke Honda. Saya mencoba nasihati mereka arah mana yang harus diambil kalau saya meninggalkan mereka," ujarnya.

"Saya mencoba beri pesan tegas dan saya bisa bilang sekarang ke mereka kalau tanpa top speed, Anda tak akan bisa merebut juara."

 

3 dari 4 halaman

Honda Punya PR Saat Kualifikasi

Marquez juga mengingatkan Honda untuk memecahkan masalah saat kualifikasi. Musim lalu, Marquez harus menunggu pembalap dengan kecepatan terbaik untuk mengejar waktu bagus atau Towing istilahnya.

"Saya harus memberi analisa jujur. Kalau saya membalap sendiri, saya akan lebih lambat satu detik di kualifikasi. Motor ini kalau melakukan slip stream berubah jadi motor berbeda," katanya.

"Ini masalah yang harus dibenahi Honda. Di Malaysia misalnya, saya tak mendapatkan towing yang bagus, saya terpaksa start dari posisi 20."

 

4 dari 4 halaman

Marquez Tak Acuhkan Kritikan Pembalap Lain

 

Gara-gara sering slipstream dan minta towing, Marquez kerap dikeluhkan pembalap lain seperti Francesco Bagnaia. Namun dia cuek karena ingin meraih hasil bagus.

"Saya tahu orang ngomel,"mengapa dia ikuti saya terus sepanjang sesi?" Saya fokus dengan diri sendir, itu tidak mengganggu saya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.