Sukses

Arkhan Kaka Panen Rekor di 2023, dari BRI Liga 1 hingga Piala Dunia U-17

Arkhan Kaka menorehkan sejarah dua kali di BRI Liga 1 dan Piala Dunia U-17 sepanjang 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2023 takkan dilupakan Arkhan Kaka. Dua rekor membanggakan dicatatkan putra dari Purwanto tersebut. Arkhan mampu mencetak sejarah di BRI Liga 1 sampai pada ajang Piala Dunia U-17 2023.

Bermain untuk Persis Solo, Arkhan Kaka akhirnya mendapat kesempatan debut bersama tim legendaris Indonesia di BRI Liga 1 pada April 2023. Momen tersebut terjadi kala Laskar Sambernyata melawan Persib Bandung.

Arkhan Kaka dimasukkan sebagai pemain pengganti pada menit 70 menggantikan Irfan Bachdim. Saat itu Arkhan Kaka baru berusia 15 tahun, tujuh bulan, dan dua hari. Arkhan Kaka pun menorehkan sejarah sebagai pemain termuda di Liga 1 (periode 1994-2023).

Kemudian Arkhan Kaka dipanggil pelatih Bima Sakti untuk memperkuat timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Arkhan Kaka lagi-lagi bersinar dan mencatatkan diri sebagai pemain Indonesia pertama yang bikin gol di level Piala Dunia.

Tak cuma sekali, Arkhan Kaka total mencetak dua gol selama perhelatan Piala Dunia U-17 2023. Arkhan Kaka membuat gol saat melawan Ekuador U-17 dan Panama U-17. Dalam dua pertandingan tersebut, Indonesia bermain imbang 1-1.

Gol Arkhan Kaka sempat membuat Indonesia memimpin 1-0 atas Ekuador sebelum akhirnya dibalas tim Amerika Selatan itu. Saat melawan Panama di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, 13 November 2023, Arkhan Kaka menjadi bintang Garuda Muda. Arkhan Kaka mencetak gol penyelamat Timnas Indonesia pada menit ke-54 usai meneruskan umpan Welber Jardim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arkhan Kaka Berjuang Keras untuk Timnas Indonesia

Timnas Indonesia U-17 berhadapan dengan Maroko untuk menentukan langkah selanjutnya di Piala Dunia U-17. Sayang, Timnas U-17 menelan kekalahan atas Maroko dan gagal melanjutkan langkah ke 16 besar.

“Terpenting adalah kita kerja keras lagi dan saya mengerjakan tugas saya sebagai pemain untuk tim," kata Arkhan Kaka.

Meski begitu, perjuangan Arkhan Kaka dan Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 patut diapresiasi karena permainan dan perjuangan mereka di event internasional ini mampu menggelorakan #BolaPemersatuBangsa.

3 dari 4 halaman

Dukungan untuk Pemain Muda di BRI Liga 1

Kisah sukses Arkhan Kaka ini diharapkan bisa memicu pemain muda lain di BRI Liga 1 untuk bisa terus berjuang menembus tim utama. Dirut BRI Sunarso mengatakan pihaknya memberi dukungan yang sejalan dengan tujuan diselenggarakannya Piala Dunia U-17, yakni menjadi wadah pesepak bola muda Indonesia berprestasi.

Menurutnya, dukungan dari BRI merupakan bagian dari pembentukan generasi emas sepak bola Indonesia di masa depan yang sesuai dengan tagline #BRIPalingBola.

"Kita tau bahwa Indonesia merupakan negara dengan penggemar sepak bola terbanyak di dunia. Oleh karena itu, BRI akan selalu mendukung kemajuan sepak bola Indonesia serta membantu mewujudkan cita-cita talenta muda sepak bola Indonesia untuk dapat berlaga dan mencatatkan prestasi di kancah global," tutur Sunaro dalam keterangan tertulis, Selasa (14/11/2023).

4 dari 4 halaman

Klasemen BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.