Sukses

Hasil BRI Liga 1: PSIS Semarang vs Madura United Tanpa Pemenang, Borneo FC Hajar RANS Nusantara

Duel BRI Liga 1 2023/2024 antara PSIS Semarang vs Madura United di Stadion Jatidiri pada Sabtu (16/12/2023) berakhir tanpa pemenang. Sementara itu di tempat berbeda, Borneo FC berhasil mengalahkan RANS Nusantara dengan skor tipis 1-0.

Liputan6.com, Jakarta - PSIS Semarang gagal meraup poin penuh saat menjamu Madura United dalam pertandingan pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2023 di Stadion Jatidiri, Sabtu (16/12/2023) sore WIB.

Laskar Mahesa Jenar ditahan imbang 2-2 oleh tim tamu, yang membuat mereka harus puas menghuni peringkat 4 klasemen sementara dengan torehan 38 poin dari 22 laga, disusul Madura United di urutan 5.

PSIS Semarang dan Madura United kesulitan menembus lini pertahanan masing-masing di awal babak pertama. Paulo Gali Freitas sempat mencoba peruntungan dengan melepas tendangan dari tepi kotak penalti, tetapi upayanya tetapi masih mudah diamankan oleh kiper Lucas Frigeri

Kebuntuan secara mengejutkan terpecah pada menit 20. Francisco Rivera sukses mengantar Madura United unggul lebih dulu dengan 1-0 usai melakukan tendangan salto untuk menceploskan bola yang terlepas dari tangkapan Adi Satryo ke gawang PSIS Semarang.

Laskar Mahesa Jenar yang berada di posisi tertinggal lantas berupaya mati-matian menjawab tantangan tim tamu. Anak-anak asuh Gilbert Agius berhasil menciptakan angka penyeimbang di menit 31 lewat situasi set piece.

Berawal dari tendangan bebas Taisei Marukawa, Lucao yang sudah berdiri di dalam kotak penalti langsung melakukan header untuk menciptakan gol pertama bagi timnya. Skor sementara berubah menjadi 1-1, dengan kedudukan ini bertahan sampai turun minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua PSIS Semarang vs Madura United

PSIS Semarang dan Madura United mencoba menambah torehan golnya di babak keda. Kesempatan emas diperoleh Laskar Mahesa Jenar ketika Septian David mendapat bola di dalam kotak penalti beberapa saat setelah turun minum.

Pemain berusia 27 tahun itu melepas tendangan yang membuat Lucas Frigeri membatu di bawah mistar gawang. Keuntungan bagi Madura United lantaran upaya Septian David masih sedikit melebar dari tiang.

Kesempatan emas kembali menghampiri PSIS di menit 73. Guntur Ariyadi melakukan tekel berbahaya terhadap Taisei Marukawa di kotak terlarang yang berujung pada diberikannya tendangan penalti.

Paulo Gali Freitas yang dikirim sebagai eksekutor sempat gagal menceploskan si kulit bundar dari titik putih. Aksinya mampu ditepis oleh Lucas Frigeri, tetapi bola rebound yang tercipta dari kejadian itu langsung dimanfaatkan lagi oleh Freitas untuk menciptakan gol kedua bagi timnya.

Madura United tak mau berlama-lama membiarkan PSIS berada di situasi dominan. Baru empat menit berselang, Dalberto sukses melakukan header usai memanfaatkan umpan dari Jaja yang tak mampu diselamatkan oleh kiper pengganti PSIS, Rizky Darmawan.

Tak ada gol baru yang mampu diciptakan kedua tim mendekati pengujung babak kedua. Tambahan waktu 5 menit di masa injury time gagal dimaksimalkan oleh PSIS Semarang dan Madura United, sehingga skor imbang 2-2 bertahan sampai bubaran.

Susunan Pemain PSIS Semarang vs Madura United

PSIS Semarang: Adi Satryo; Giovani Numberi, Lucao, Wahyu Prasetyo, Fredyan Wahyu; Taisei Marukawa, Boubakary Diarra, Alfeandra Dewangga, Paulo Gali Freitas; Septian David Maulana, Carlos Fortes

Madura United: Lucas Frigeri; Novan Sasongko, Cleberson, Fachruddin Aryanto, Dodi Alexvan Djin; Salim Tuharea, Jaja, Francisco Rivera; Jacob Mahler, Dalberto, Malik Risaldi

3 dari 3 halaman

Hasil RANS Nusantara FC vs Borneo FC

Sementara itu di tempat berbeda, sang pemuncak klasemen Borneo FC berhasil menciptakan keunggulan lebih dulu kala menghadapi RANS Nusantara FC di Stadion Sultan Agung pada Sabtu (16/12/2023) sore WIB.

Pesut Etam memimpin 1-0 berkat aksi Terens Puhiri pada menit 24 yang memanfaatkan umpan Muhammad Sihran. The Prestige Phoenix tak sanggup mengejar ketertinggalan hingga pengujung babak pertama. Alhasil keunggulan tim tamu bertahan sampai turun minum.

Baik RANS Nusantara maupun Borneo FC menemui kebuntuan di babak kedua. Tak ada gol baru yang mampu diciptakan, sehingga laga berakhir dengan 1-0. Hasil ini membuat Pesut Etam kokoh menghuni puncak klasemen sementara dengan torehan 51 poin dari 23 laga, sementara RANS Nusantara harus puas bercokol di urutan 7.

Susunan Pemain RANS Nusantara FC vs Borneo FC

RANS Nusantara FC: Hilmansyah; Taufik Hidayat, Dandi Maulana, Kiko, Marckho Sandy; Mitsuru Maruoka, Paulo Sitanggang, Rizky Pellu; Tavinho, Kenshiro Daniels, Abdul Rahman

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Leo Guntara, Silverio Silva, Leo Lelis, Fajar Fathur Rahman; Wiljan Pluim, Adam Alis, Kei Hirose; Terens Puhiri, Stefano Lilipaly, Muhammad Sihran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.