Sukses

Lawan Persebaya di Pekan ke-22 BRI Liga 1, Thomas Doll Instruksikan Pemain Persija Lakukan Ini

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta akan melakoni laga berat saat dijamu Persebaya Surabaya di stadion Gelora Bung Tomo pada pekan ke-22 BRI Liga 1, Sabtu (9/12/2023). Persija dalam misi untuk memperbaiki hasil saat melawan Bajul Ijo.

Seperti diketahui, Persija hanya bisa meraih dua kali hasil imbang pada dua laga terakhir. Kesempatan raih enam poin di dua laga sebelumnya selalu gagal dipertahankan karena Persija kurang solid.

Menjelang pertandingan tandang pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024, Persija terus mematangkan persiapan tim. Motivasi makin berlipat setelah hanya bermain imbang di dua laga terakhir.

Pelatih Persija, Thomas Doll, mengatakan situasi tim dalam kondisi bagus menjelang laga melawan Persebaya. Dia menginstruksikan pemainnya untuk tetap percaya diri dalam menatap laga terdekat. Menurutnya, kinerja para pemain sebenarnya sudah di trek yang benar.

"Mood tim dalam kondisi yang bagus. Saya katakan keseluruh pemain agar tidak perlu bagi para pemain untuk menundukkan kepalanya setelah hasil seri. Sebab, mereka sudah bermain bagus pada laga terakhir," kata Thomas Doll seperti dikutip situs Persija.

Karena hasil imbang ini, Persija jadi semakin jauh ke zona empat besar. Saat ini Macan Kemayoran terpaut 9 poin dari posisi 4 yang dihuni PSIS Semarang pada klasemen BRI Liga 1 2023/2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Thomas Doll Sayangkan Cedera Gustavo Almeida

 

Menurutnya, satu kepingan yang akan membuat tim makin tangguh sudah berada di dalam timnya. Namun, saat ini jasanya masih belum bisa dimaksimalkan karena kendala cedera, yaitu Gustavo Almeida.

“Jika Gustavo kembali, saya rasa suasana tim kembali jadi percaya diri dan bisa lebih stabil,” ujar pelatih berkebangsaan Jerman tersebut.

Thomas pun optimistis bahwa posisi empat besar masih mampu Persija raih. Jadi, hal itu kini menjadi target tim karena posisi tersebut cukup untuk masuk ke babak final Four sesuai format kompetisi.

“Kami mempunyai target agar bisa masuk empat besar. Jadi semua berlatih keras untuk mencapai itu. Semuanya ingin membuktikan bahwa semua masih bisa bertarung,” ucap sang pelatih.

 

3 dari 5 halaman

3 Gelandang Persija Dapat Pujian Thomas Doll

 

Tiga gelandang Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi, Resky Fandi Witriawan, dan Maciej Gajos, mendapat apresiasi dari pelatih Persija, Thomas Doll. Ia menyebutkan sejak memasuki paruh musim kedua, ketiga gelandang tersebut tampil apik dalam empat laga yang sudah dilalui.

Diantara ketiganya, Hanif dan Gajos memberikan kontribusi dalam produktivitas gol. Hanif mencetak satu gol (vs Persikabo 1973) dan satu assist (PSM). Sedangkan Gajos berhasil mencetak satu gol (vs Persita) dan tiga assist (vs PSM, Persikabo 1973, Bhayangkara Presisi Indonesia FC) dalam empat penampilannya.

"Mereka bertiga mampu menunjukkan performa yang stabil saat latihan dan bertanding," ucap Thomas.

 

4 dari 5 halaman

Formasi Gelandang Masih Mungkin Dirombak

 

Namun, pelatih yang dulunya melatih Hamburger SV itu tak menampik jika kedepannya komposisi tiga gelandang itu akan diganti dalam kondisi tertentu.

Thomas menekankan bahwa gelandang Persija lainnya, seperti Syahrian Abimanyu, bukan berarti ditinggalkan. Menurut Thomas, Abimanyu tetap mempunyai peran penting dalam skuad Macan Kemayoran.

"Mungkin untuk gelandang lainnya, terutama Abimanyu (Syahrian) menjadi tidak dapat kesempatan. Tapi percayalah mereka akan mendapat gilirannya nanti. Karena kondisi tim dan lawan sewaktu-waktu akan berubah,” ujar Thomas.

“Karena Abimanyu menurut saya masih mempunyai peran penting untuk tim. Tapi untuk empat laga terakhir dari tiga gelandang yang saya mainkan menghasilkan hasil yang lumayan bagus. Tidak sempurna tapi cukup memuaskan,” katanya lagi.

5 dari 5 halaman

Peringkat Persija di BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.