Sukses

Terungkap, 6 Masukan Marc Marquez Usai Jajal Motor Ducati Jelang MotoGP 2024

Marc Marquez memberi masukannya soal motor Ducati yang sudah dijajalnya di tes MotoGP Valencia. Apakah semua masukannya positif?

Liputan6.com, Madrid- Marc Marquez jadi pusat perhatian pecinta MotoGP sejagat saat pertama kali menjajal motor Desmosedici Ducati GP23 di sirkuit Ricardo Tormo, Selasa (28/11/2023) lalu. Dia mengikuti tes MotoGP Valencia yang digelar satu hari.

Tes ini dilakukan semua tim untuk menjajal motor baru ataupun lama jelang MotoGP 2024. Ini merupakan tes pascamusim, sedangkan tes pramusim baru digelar pada akhir Februari 2024 nanti di sirkuit Sepang.

Marquez langsung tampil memukau. Baru pertama kali merasakan lap dengan GP23, dia langsung menunjukkan wajah yang full senyum.

Pembalap asal Spanyol ini berhasil meraih posisi keempat tercepat di tes MotoGP Valencia. Dia hanya kalah dari Maverick Vinales, Brad Binder dan Marco Bezzecchi.

Tak heran, banyak yang penasaran dengan bagaimana pendapat Marc Marquez terkait motor Ducati. Setelah 11 tahun di Honda, Marquez seperti terkesan betul dengan kualitas dan kecepatan motor Ducati.

Bos Ducati, Gigi Dall'igna juga menjadi salah satu orang yang "kepo" dengan masukan dari Marquez. Saat ini, pembalap asal Spanyol itu dilarang untuk memberi komentar kepada media karena masih terikat kontrak dengan Honda sampai akhir Desember.

Namun masukan Marquez saat berbincang dengan kepala kru mekanik Frankie Carchedi bocor ke publik. Berikut 6 masukan yang diberikan Marquez kepada Gresini Ducati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Grip dan Kualitas Motor

1. Grip Ban Belakang Luar Biasa

Masukan pertama yang diberikan Marquez yaitu terkait grip ban belakang yang luar biasa dari motor Ducati. Hal ini menjadi titik lemah Honda saat masih diperkuat Marquez.

Dia tampak sangat senang dengan grip ban belakang motor Ducati.

2. Tak Menguras Tenaga Seperti Honda

Masukan atau impresi kedua terkait motor Ducati yaitu motor ini tak membutuhkan fisik yang besar untuk dikontrol. Marquez menemukan itu saat menjajal chicane (jalur berbentuk huruf S) kedua di sirkuit Ricardo Tormo.

Dia tak perlu mengeluarkan banyak tenaga seperti biasa dilakukannya. Dia berharap bisa manfaatkan keunggulan ini.

 

3 dari 4 halaman

Masuk Tikungan dan Ergonomi Motor

 3. Senang dengan Kemampuan Menikung

Impresi ketiga terhadap motor Ducati yaitu soal kemampuan motor menikung dengan cepat. Padahal pembalap Ducati lain tampak kesulitan untuk mengaturnya.

4. Ergonomi Motor Butuh Perbaikan

Karena dibuat dalam waktu yang cepat, Marquez masih belum nyaman dengan posisi jok di motor. Dia meminta agar Ducati mengatur lagi agar lebih cocok dan nyaman dengan tubuhnya.

 

4 dari 4 halaman

Bagian Depan Motor dan Pengereman

5. Bagian Depan Motor Butuh Perbaikan

Ada beberapa hal yang belum sreg dengan Marquez yaitu bagian depan motor. Dia merasa bagian motor bisa lebih bagus sehingga bisa memperbaiki kecepatan saat berakselerasi.

6. Masalah Pengereman

Marquez juga mendeteksi ada masalah saat dia mengerem terlalu keras. Bagian belakang motor seperti terangkat.

Pengereman menjadi bagian vital buat pembalap. Jorge Martin bisa menyaingi Bagnaia karena kemampuan motornya mengerem dengan maksimal dan efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.