Sukses

Timnas Indonesia Bakal Diperkuat Justin Hubner, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, Bagaimana Formasi di Piala Asia 2024?

Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 3 pemain naturalisasi baru jelang Piala Asia 2024. Ketiganya mungkin bakal segera berlatih di TC Turki nanti.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia kemungkinan besar akan diperkuat 3 pemain naturalisasi baru di TC Piala Asia 2024 yang berlangsung di Turki pada 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024. Tiga pemain yang dimaksud yaitu Justin Hubner, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Justin Hubner dikabarkan akan mengambil sumpah sebagai warga negara RI lebih cepat pada 7 Desember 2023 mendatang. Ini bisa dimengeri karena Hubner memang sudah masuki proses akhir naturalisasi, meski prosesnya sempat tertunda.

Teranyar, Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR RI lewat Komisi III dan X sudah menyetujui naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Rapat untuk naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On digelar pada Senin (4/12/2023) kemarin yang diikuti PSSI dan Kemenpora.

Setelah disetujui, naturalisasi Jay Idzes bek Venezia dan bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On bakal dirampungkan di rapat paripurna. Setelah itu, berkas keduanya diberikan kepada Setneg untuk ditandatangani Presiden Jokowi sebelum akhirnya diambil sumpah di Kemenkumham.

"Pertama tama, kami ucapkan terimakasih atas disetujuinya naturlsi 2 pemain timnas oleh Komisi X dan III," kata Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada wartawan.

"Rapat Paripurna dilaksanakan dengan cepat. Kami akan gerak cepat dan koordinasi dengan Kemenkumham dan Setneg setelah itu agar keduanya bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2024."

Lalu bagaimana formasi Timnas Indonesia di Piala Asia 2024 setelah tambahan dua naturalisasi baru? Simak prediksinya di halaman berikutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Komentar DPR RI soal Naturalisasi

Persetujuan naturalisasi Jay Idzes dan Nathan didapatkan setelah Komisi X dan III mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo). Dalam rapat kerja itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi beserta anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji di Gedung DPR RI Senayan pada Senin (4/12).

“Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi Kewarganegaraan RI atas nama Jay Noah Idzes dan Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On dengan catatan bahwa penetapan Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata pimpinan sidang Hetifah Sjaifudian.

"Komisi X DPR RI mendorong Pemerintah dan PSSI agar memperhatikan seluruh catatan dan rekomendasi yang disampaikan oleh pimpinan dan anggota Komisi X DPR RI pada rapat kerja hari ini sebagai langkah untuk membangun prestasi olahraga, khususnya persepakbolaan nasional," sambungnya.

 

3 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Gelar Dua Kali Uji Coba

 

Timnas Indonesia dipastikan akan melakoni dua kali uji coba selama TC di Turki. Badan Tim Nasional mengaku sudah dapat tawaran dari Libya.

"Deadline pendaftaran pemain Piala Asia 2024 itu tanggal 10. Kita mulaifokus latihan tanggal 20.Uji coba udah dapat tawaran dari Libya, dua kali lawan Libya," kata Ketua BTN, Sudarmadji.

 

4 dari 5 halaman

Prediksi Formasi Timnas Indonesia dengan 3 Pemain Naturalisasi

 

Timnas Indonesia menghadapi lawan berat di fase grup D Piala Asia 2024 melawan Jepang, Irak dan Vietnam. Ketiga negara berada di atas Indonesia, meski Vietnam pernah juga dikalahkan Indonesia.

Maka itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong membutuhkan pemain-pemain terbaik. Berikut prediksi Liputan6.com:

Formasi 5-3-2

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi Mangkualam, Justin Hubner,Elkan Baggott, Rizky Ridho, Shayn Pattynama/Nathan

Tengah: Ivan Jenner, Marselino, Jay Idzes/Saddil Ramdani

Striker/Depan: Rafael Struick, Dimas Drajad

 

5 dari 5 halaman

Formasi Lain Timnas Indonesia di Piala Asia 2024

 

Formasi 4-2-3-1

Kiper: Ernando Ari

Bek: Asnawi Mangkualam, Justin Hubner, Elkan Baggott, Shayn Pattynama/Pratama/Nathan

Tengah Bertahan: Jay Idzes, Sandy Walsh

Tengah Menyerang: Ivan Jenner, Marselino, Saddil Ramdani

Depan: Rafael Struick, Ramadhan Sananta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.