Sukses

Manchester United Dapat Kabar Tak Sedap Soal Sir Jim Ratcliffe, Ten Hag Bakal Pusing Berat

Sir Jim Ratcliffe sedang menyelesaikan proses pembelian 25 persen saham Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United mendapat kabar kurang sedap soal kedatangan investor baru Sir Jim Ratcliffe. Karena proses yang kelamaan, rencana MU di bursa transfer Januari 2024 bisa berantakan dan manajer Erik ten Hag bakal gigit jari.

Sudah sejak sebulan ini Ratcliffe dikabarkan akan menjadi salah satu pemilik saham Manchester United. Konglomerat Inggris itu akan membeli 25 persen saham MU dari Keluarga Glazer. Ratcliffe mengeluarkan biaya 1,3 miliar poundsterling untuk memiliki 25 persen saham MU.

Proses bergabungnya Ratcliffe sebagai pemegang saham MU diperkirakan akan rampung sebelum berakhirnya jeda internasional di bulan November 2023. Tapi hingga Rabu 22 November 2023, belum ada pengumuman resmi dari MU.

The Telegraph melaporkan ada kecemasan bila pengumuman resmi masuknya Ratcliffe sebagai investor akan tertunda sampai pekan depan. Jika terjadi keterlambatan maka bisa menjadi bencana bagi Ten Hag.

Rencana besar Erik Ten Hag untuk membeli pemain pada bursa transfer Januari 2024 akan terkena dampaknya. Sebab setelah pengumuman resmi masih ada proses lain yang harus dijalani sebelum Ratcliffe bisa berkecimpung di MU.

Perlu enam sampai delapan pekan untuk menunggu Premier League meratifikasi kedatangan Ratcliffe. Jika pengumuman resmi baru dibuat pada awal Desember maka berpotensi Liga Premier baru akan menyelesaikan proses ratifikasi setelah jendela transfer Januari ditutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ten Hag Perlu Tambahan Pemain di MU

Kondisi ini membuat Ten Hag tidak bisa belanja banyak pemain di Januari 2024. Padahal pria Belanda itu membutuhkan kehadiran setidaknya satu bek tengah dan satu penyerang untuk memperkuat tim di paruh kedua musim.

MU juga berencana mendepak winger Jadon Sancho yang bermasalah dengan Ten Hag. Andai Sancho didepak maka MU juga perlu mencari tambahan pemain sayap di Januari 2024.

3 dari 5 halaman

Kewenangan Ratcliffe di Manchester United

Tapi dengan terlambatnya proses investasi dari Ratcliffe, Ten Hag bisa tak belanja pemain. Ratcliffe sendiri dikabarkan memang akan langsung diserahkan kewenangan mengurus divisi sepak bola oleh Keluarga Glazer.

Keluarga Glazer akan fokus menangani masalah keuangan dan bisnis klub. Mereka sudah menyerah soal prestasi karena tak kunjung sukses sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson.

4 dari 5 halaman

Benahi MU Agar Pembelian Efisien

Ratcliffe sendiri diyakini juga sudah tidak sabar untuk belanja pemain di MU. Dia akan membenahi kepengurusan tim agar pembelian pemain bisa lebih efekfif. Jean Claude Blanc dan Paolo Maldini kabarnya akan dibawa ke Old Trafford.

Dalam beberapa musim terakhir MU boros belanja pemain tapi hasilnya tak memuaskan. Beberapa pembelian mahal Setan Merah justru melempem seperti Harry Maguire, Jadon Sancho hingga Antony.

5 dari 5 halaman

Klasemen Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini