Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Dihajar Prancis di JIS, Pelatih Amerika Serikat Fokus Perbaiki Mental Pemain Jelang 16 Besar

Timnas Amerika Serikat U-17 bakal fokus memperbaiki mentalitas dan mengembalikan kepercayaan diri jelang babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 usai sempat dihajar Prancis di laga pemungkas grup E Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Amerika Serikat U-17 jadi salah satu peserta yang dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Sayangnya, capaian tersebut tidak diiringi dengan hasil apik di laga pemungkas grup E melawan Prancis pada Sabtu (18/11/2023).

Tampil di Jakarta International Stadium (JIS), anak-anak asuh Gonzalo Segares dihajar 0-3 oleh pasukan muda Les Bleus. Amerika Serikat bahkan dipaksa bermain dengan 10 penggawa di pengujung laga setelah Tyler Hall diganjar kartu merah saat injury time.

Hasil ini membuat Baby Nats harus rela melangkah ke babak 16 besar dengan status runner-up grup E. Mereka tercatat mengoleksi 6 poin dari 3 pertandingan berkat kemenangan atas Korea Selatan dan Burkina Faso di dua laga perdana.

Menghadapi fase knock-out, Gonzalo Segares pun mengeklaim pihaknya bakal fokus memperbaiki mental pemain di waktu jeda yang ada. Hal itu dinilai perlu lantaran Timnas Amerika Serikat U-17 baru saja menelan kekalahan menyakitkan dari Prancis di laga terakhir.

"Sekarang kami akan berupaya membangun kepercayaan diri (pemain) sedikit demi sedikit. Kami sedikit down karena hasil pertandingan (melawan Prancis)," ujar Segares saat ditemui awak media di mixed zone JIS selepas laga, Sabtu (18/11/2023).

"Akan tetapi, kami akan segera melupakannya dan segera mempersiapkan diri menghadapi babak selanjutnya (16 besar Piala Dunia U-17 2023)," sambung pelatih berusia 41 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditantang Jerman di Babak 16 Besar

Adapun Timnas Amerika Serikat U-17 bakal langsung ditantang lawan berat di babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Skuad racikan Gonzalo Segares harus mampu melewati adanya Jerman jika ingin mengunci tiket ke babak perempat final.

Sejauh ini, pasukan muda Tim Panser memiliki catatan mentereng dalam ajang FIFA U-17 World Cup 2023 Indonesia. Mereka sama sekali tak tersentuh kekalahan dalam 3 laga penyisihan, sehingga berhak menyandang status sebagai juara grup F.

Tim asuhan Christian Wuck juga cukup produktif dalam urusan mencetak gol. Robert Ramsak dan kawan-kawan mampu membobol gawang 9 kali sejak awal kompetisi dan hanya kebobolan masing-masing 1 gol di laga melawan Meksiko serta Selandia Baru.

3 dari 3 halaman

Amerika Serikat Punya Semangat Juang

Terlepas dari lawan berat yang dihadapinya di babak 16 besar, Gonzalo Segares tetap optimistis pada prospek Timnas Amerika Serikat U-17. Ia menilai anak-anak asuhnya punya semangat juang untuk bersaing melawan tim-tim terbaik di Piala Dunia U-17 2023.

"Kami harus membuktikannya, kan? Saya pikir, kami memiliki semangat juang dan penggawa berkualitas. Ini semua tergantung bagaimana kami dapat meminimalisasi terjadinya kesalahan seperti yang kami lakukan hari ini, lalu melangkah maju tanpa rasa takut," ujar Segares.

"Sejak awal, ini yang kami harapkan, yakni agar para pemain bisa memperoleh pengalaman dan tantangan melawan tim-tim terbaik dunia," sambungnya.

Sekadar informasi, duel babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 antara Jerman vs Amerika Serikat nantinya bakal dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Selasa (21/11/2023) pukul 15.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.