Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Prancis Pilih Rotasi Pemain, AS Hanya Ingin Bermain Sebaik Mungkin di Laga Terakhir Grup E

Prancis dan Amerika Serikat sama-sama sudah mengantongi tiket ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Prancis melakukan rotasi besar-besaran di laga terakhir penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 2023 melawan Amerika Serikat U-17 di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu (18/11/2023). Dalam laga nanti, baik Prancis maupun tim lawan Amerika Serikat sama-sama sudah lolos ke babak 16 besar. 

Prancis melakukan start gemilang setelah menang telak 3-0 atas Burkinao Faso. Lalu, mereka harus bekerja keras sebelum akhirnya berhasil menaklukkan Korea Selatan dengan skor tipis 1-0.

Dua kemenangan ini sudah Les Bleuets (The Little Blues) mengamankan tiket ke fase knockout sekaligus menduduki puncak klasemen Grup E. Sementara, AS menang 3-1 atas Korsel dan menaklukkan Burkina Faso 2-1. AS berada di urutan kedua, kalah selisih gol dari Prancis.

Pertandingan Prancis vs AS bakal menentukan tim yang menjadi juara grup E. Namun Pelatih Prancis Jean-Luc Vannuchi sepertinya tidak terlalu memikirkan hal ini. Dia menuturkan target pertama mereka yaitu melewati penyisihan grup sudah tercapai. Hal ini menjadikan Prancis tidak terlalu ngotot memenangkan pertandingan terakhir melawan AS dan memberi kesempatan kepada pemain pelapis. 

"Target pertama, yaitu lolos ke babak selanjutnya sudah terpenuhi. Jadi kami akan melihat ke depan. Hanya kami memang tidak ada gambaran satu target besar. Bila kami menang, Prancis kemungkinan akan menghadapi Argentina," ujarnya seperti dikutip dari rilis Kominfo, Jumat (17/11/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prancis Fokus pada Pemulihan Pemain

Dengan sisa satu hari latihan ini, Vannuchi ingin memanfaatkan waktu untuk pemulihan kondisi pemain. Menurutnya sebagian besar pemain sudah tampil dua kali di laga sebelumnya. Mereka butuh pemulihan sehingga dirinya sulit untuk menentukan "best eleven" di laga melawan AS.

"Penting untuk pemain melakukan recovery karena mereka akan lanjut bermain di babak selanjutnya. Jadi ya kami akan merotasi tim," ujar Luc Vanuchi.

"Saya tidak tahu apakah peluang kami sebagai juara grup ada, karena kami memiliki poin yang sama dengan USA U-17. Saya juga tidak tahu," kata dia melanjutkan.

 

3 dari 3 halaman

AS Cari Pengalaman

Sementara itu, pelatih Amerika Serikat U-17, Gonzalo Segares mengatakan jika timnya hanya perlu melakukan yang terbaik untuk menghadapi Prancis. Dia mengaku menaruh respek kepada calon lawan karena Prancis merupakan tim bagus dan salah satu unggulan di Piala Dunia U-17 2023.

"Target? Kami hanya berusaha yang terbaik. Tapi yang sebenarnya saya inginkan adalah para pemain lebih banyak dapat pengalaman seperti ini, melawan tim-tim kuat dengan tekanan besar," kata Segares.

"Situasi seperti itulah yang akan membuat mereka lebih berkembang nantinya," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.