Sukses

LavAni Juara Pul B Livoli Divisi Utama 2023, Samator Terdegradasi

LavAni juara putaran reguler pertama Pul B Livoli Divisi Utama 2023 usai mengalahkan BIN Pasundan di final. Sementara Samator terdegradasi ke Divisi Satu setelah menyerah dari TNI AU.

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra LavAni menjadi tim terbaik pada putaran reguler pertama Pul B Livoli Divisi Utama 2023. Ini setelah Dio Zulfikri dan kolega membungkam BIN Pasundan pada laga final di Indoor Stadium Indomilk Sport Center, Legok, Kabupaten Tangerang, Sabtu (11/11/2023) malam WIB.

Sementara itu, Samator terdegradasi ke Divisi Satu Livoli. Ini setelah klub legenda asal Surabaya itu kalah dari TNI AU pada perebutan tempat ketiga.

LavAni menang 3-1 (23-25, 25-18, 25-21, 25-17). Ini merupakan kemenangan kedua klub milik Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atas BIN Pasundan usai menang juga menang dengan skor 3-1 pada Senin (6/11) lalu.

Pada set pertama, skuad asuhan pelatih Nicolas Vives kalah 23-25. "Set pertama biasa anak-anak belum tenang," ujar asisten pelatih, Erwin Rusni usai laga.

Menurutnya, setelah mendapat instruksi dari pelatih asal Kuba itu, para pemain LavAni mulai berubah permainannya.

Sedangkan pelatih BIN Pasundan, Ryan Masajade mengatakan tim asuhannya belum mampu mengatasi tim selevel LavAni. "Saya baru dua minggu pegang BIN Pasundan menghadapi Livoli Divisi Utama. Itupun masih pemain-pemain junior plus Nizar," kata pelatih berkenegaraan Jepang itu.

Untuk mengimbangi permainan LavAni lanjut Ryan, butuh waktu. "Middle blocker dari LavAni sangat baik, kita perlu waktu untuk menyaingi mereka," tukasnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samator Kalah dari TNI AU

Sementara itu, Samator terkena degradasi ke Divisi Satu usai kalah dari TNI AU. Klub legendaris asal Surabaya itu kalah dengan skor 0-3 (19-25, 21-25, 18-25) pada laga perebutan peringkat ketiga.

Pada pertarungan di pul neraka ini, tim asuhan pelatih asing asal Selandia Baru Jeff Jiang tidak pernah menang pada empat laga. Tiga laga di penyisihan dan satu laga perebutan tempat ketiga sehingga hanya berada di peringkat keempat.

"Posisi kami tidak bisa dihindari untuk terkena degradasi. Materi pemain kami kali ini terdiri dari pemain-pemain muda dan belum memiliki pengalaman yang cukup," kata manajer tim Samator Hadi Sampurno usai pertandingan.

Ini kali kedua Samator terdegradasi ke Livoli Divisi Satu. Pada 2007, klub milik PT Gas Samator itu juga terdegradasi. Namun, setahun kemudian masuk kembali ke Divisi Utama.

 

3 dari 3 halaman

Piala dan Hadiah

Selain menerima piala, tim juara juga menerima hadiah uang pembinaan. Sebagai juara pertama, LavAni menerima hadiah uang pembinaan sebesar Rp 20 juta.

Peringkat kedua, BIN Pasundan menerima hadiah uang pembinaan Rp 15 juta. Sedangkan peringkat TNI AU mendapat Rp 12,5 juta, dan keempat Samator Rp 10 juta.

LavAni dan BIN Pasundan selanjutnya akan tampil pada Final Four Livoli Divisi Utama. Laga ini digelar di GOR Jayabaya, Kota Kediri, Jawa Timur, 1-7 Desember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.