Sukses

Jelang Piala Dunia U-17 2023, Presiden FIFA Dapat Bintang Jasa dari Jokowi

Presiden FIFA Gianni Infantino mendapat tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Penghargaan tersebut diberikan di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023) pagi WIB.

Liputan6.com, Jakarta Presiden FIFA Gianni Infantino mendapat tanda kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Penghargaan tersebut diberikan di Istana Negara pada Jumat (10/11/2023) pagi WIB.

Infantino sedang berada di Tanah Air untuk menyambut dimulainya ajang Piala Dunia U-17 2023. Sosok yang menduduki kursi tertinggi federasi sepak bola dunia turut diagendakan menghadiri acara pembukaan FIFA U-17 World Cup di Surabaya.

Opening ceremony ini menjadi spesial lantaran bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional. Adapun upacara tersebut nantinya akan dihelat di antara laga perdana Grup A yang mempertemukan Panama vs Maroko serta duel Timnas Indonesia vs Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo.

Presiden Jokowi pun bukan tanpa alasan menghadiahkan Gianni Infantino dengan Bintang Budaya Parama Dharma yang menjadi tanda kehormatan bagi seseorang atas jasanya dalam bidang kebudayaan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebelumnya menjelaskan penghargaan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah Indonesia atas bimbingan, arahan dan kepercayaan FIFA dalam mendukung kemajuan sepak bola Tanah Air. Sebagaimana diketahui, FIFA memang cukup getol membantu Indonesia dalam mewujudkan transformasi sepak bola sejak beberapa waktu terakhir.

"Pemerintah Indonesia menghargai apa yang sudah dilakukan FIFA, melalui Presiden Gianni, bagi kemajuan sepak bola Indonesia. Bimbingan, arahan, dan kepercayaan FIFA kepada Indonesia dalam membangun sepak bola secara langsung membangun pula semangat dan budaya baru di masyarakat kita yang mayoritas suka sepak bola," ucap Erick Thohir, dilansir dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Presiden FIFA di Indonesia

Adapun setelah ini, Presiden FIFA masih akan melakoni sejumlah agenda bersama Presiden RI Joko Widodo. Keduanya diagendakan melakukan peresmian Kantor FIFA di Jakarta sebelum bertolak ke Surabaya untuk membuka ajang Piala Dunia U-17 2023.

"Hari ini, rencananya dijadwalkan pertemuan Bapak Presiden dengan Presiden FIFA. Karena ada beberapa agenda Bapak Presiden hari ini yang juga dihadiri Presiden FIFA," kata Koordinator Stat Khusus Presiden Ari Dwipayana pada Jumat (10/11/2023).

""Pertama, Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa dari Presiden kepada Presiden FIFA di Istana Negara. edua, peresmian Kantor FIFA di Jakarta. Ketiga, pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya," sambung Ari.

3 dari 3 halaman

Presiden FIFA Pakai Peci saat Bertemu Jokowi

Di tengah padatnya agenda bersama Presiden Joko Widodo, momen unik juga sempat tertangkap kamera kala Presiden FIFA Gianni Infantino hadir di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (10/11/2023).

Tokoh tertinggi federasi sepak bola dunia yang berbincang-bincang di meja bundar dengan ditemani Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan sejumlah tokoh lain terlihat mengenakan peci layaknya pejabat dalam negeri.

Aadapun Infantino memang hadir memakai pakaian formal berupa setelan jas berwarna hitam yang kemudian dilengkapi dengan peci. Ia nampak langsung bisa akrab dengan Presiden Jokowi dan sesekali terlihat bergurau bersama sosok nomor satu Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.