Sukses

Livoli Divisi Utama 2023: Putra TNI AU dan BIN Pasundan Berebut Tiket Final

Tim putra TNI AU dan BIN Pasundan akan saling berebut tiket final Pul B Livoli Divisi Utama 2023 pada Kamis, 9 November.

Liputan6.com, Jakarta - Tim putra TNI AU bakal melawan BIN Pasundan pada laga terakhir Pul B Livoli Divisi Utama 2023. Laga ini akan berlangsung di Indoor Stadium Sport Center, Legok, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/11) pukul 19:00 WIB.

Pemenang laga itu akan menghadapi LavAni yang telah memastikan lebih dulu maju ke final Pul B Livoli Divisi Utama, sekaligus melaju ke final four. Sebelumnya LavAni mengalahkan BIN Pasudan dan TNI AU. Terakhir, tim milik Presiden RI ke-6 itu akan menghadapi Samator.

TNI AU menjaga peluang ke final usai mengalahkan Samator 3-1 (25-16, 17-25, 25-21, 25-21) pada Rabu (8/11) malam WIB. Itu merupakan kemenangan pertama Sigit Ardian dkk setelah dikalahkan LavAni 1-3.

Melawan BIN Pasundan, pelatih TNI AU Deni Saputra mengatakan: "Kita akan bermain tanpa beban dan bermain lepas menghadapi BIN."

"Kita sudah pelajari saat menghadapi LavAni. Kelemahan kita ada di receave," tambahnya.

Sementara itu, ofisial BIN Pasundan Agus Jumaedi menyebut laga melawan TNI AU adalah partai hidup mati. "Karenanya kita akan tampil all-out menghadapi TNI AU," kata pria yang lebih kerap dipanggil Boy tersebut.

Secara materi pemain, BIN Pasudan lebih baik ketimbang TNI AU. "Tetapi, kita tidak anggap enteng TNI AU," pungkasnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putri TNI AU Lolos ke Final Pul EE dan Final Four

Di Pul EE, putri TNI AU mengamankan tiket final sekaligus melangkah ke final four Livoli Divisi Utama. Kepastian itu dapat usai mengalahkan TNI AL 3-0 (25-13, 25-11, 25-23) di Indoor Stadium Sport Center, Legok, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/11).

Ini adalah kemenangan kedua tim asuhan Alim Suseno. Finalis Livoli Divisi Utama tahun lalu itu unggul atas BIN O2C dengan skor 3-1 sebelum dikalahkan Kharisma Premium 0-3. "Hari ini anak-anak bermain bagus, tidak seperti waktu melawan Kharisma," kata Alim.

Menurutnya, setelah kalah dari Kharisma, seluruh pemain dikumpulkan dan dievaluasi. "Alhamdulillah evaluasi berhasil dan anak-anak tampil sesuai harapan," tambah Alim.

Dengan dua kemenangan, Hany Budiarti cs tidak mungkin terkejar tiga tim lainnya yang masing-masing baru mengoleksi satu kemenangan.

BIN O2C baru memetik satu kemenangan setelah mengalahkan Kharisma Premium 3-2 (25-18, 25-20, 16-25, 19-25, 16-14). Dengan begitu, satu tempat finalis lagi di Pul EE akan diperebutkan TNI AL dan BIN O2C, Kamis (9/11).

Selain menempatkan satu tim di final, pemenang dalam laga itu dipastikan maju ke final four di Kediri.Sedangkan tim yang kalah akan menghadapi Kharisma Premium untuk menentukan siapa yang bakal terkena degradasi ke Livoli Divisi Satu tahun depan.

"Tidak ada jalan lain kita harus tampil maksimal menghadapi TNI AL. Karena kalau kalah kita harus tanding menghindar degradasi. Saat melawan Kharisma anak-anak capek, tapi diusahakan bisa mengembalikan kondisinya menghadapi TNI AL," ujar pelatih BIN O2C, Octavian.

Menurut dia, harusnya melawan Kharisma tim asuhannya harus bisa bermain tiga set. "Tapi set ketiga dan keempat stamina anak-anak habis," tambah Octavian usai laga melawan Kharisma.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Livoli Divisi Utama Pul B dan Pul EE

Kamis, 9 November 2023

14:00 WIB: BIN O2C vs TNI AL (pi)

16:30 WIB: Samator vs LavAni (pa)

19:00 WIB: BIN Pasundan vs TNI AU (pa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.