Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Timnas Indonesia Matangkan Taktik untuk Melawan Ekuador

Timnas Indonesia U-17 terlihat menjajal lapangan latihan A Komplek Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Senin (6/11/2023) malam WIB.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 mulai mematangkan taktik jelang menghadapi Ekuador di laga perdana Piala Dunia U-17 2023. Skuad racikan Bima Sakti terlihat menjajal lapangan latihan A Komplek Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pada Senin (6/11/2023) malam WIB.

Sekadar informasi, Garuda Asia sebelumnya memang dipastikan menjadi bagian dari grup A Piala Dunia U-17 2023, sehingga bakal berkandang di Kota Pahlawan. Timnas Indonesia U-17 juga ditemani Ekuador, Panama dan Maroko, selama mengarungi persaingan fase grup.

Adapun Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan lebih dulu ditantang lawan berat Ekuador dalam laga pembuka Jumat (10/11/2023) mendatang. Setelahnya, Garuda Asia diagendakan meladeni Panama pada Senin (13/11/2023), diikuti duel kontra Maroko, Kamis (16/11/2023).

Pematangan taktik pun tak ayal menjadi aspek penting buat Timnas Indonesia U-17 jelang memulai pertarungannya di Piala Dunia U-17 2023. Apalagi, Ekuador selaku lawan pertama Indonesia berpotensi memberi tantangan berat dalam misi merebut tiket ke fase knock-out.

Alhasil sesi latihan perdana di Lapangan A Gelora Bung Tomo pada Senin (6/11/2023) menjadi ajnag pemantapan strategi bagi skuad Garuda Asia. Anak-anak asuh Bima Sakti juga diberi menu latihan lain, mulai dari passing dan game possession sebagai upaya persiapan menuju FIFA U-17 World Cup.

"Alhamdulillah latihan hari ini berjalan lancar dan baik. Kami mengembalikan kondisi dan mengembalikan fisik, latihan berjalan lancar dan semangat. Kondisi saya dan semua pemain Alhamdulillah baik dan sehat. Tidak ada cedera," ujar striker Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka, dilansir dari situs resmi PSSI.

"Hari ini latihan passing, rondo, game possession, latihan taktik sedikit (untuk) persiapan kami melawan Ekuador. Tim kompak saling support dan menguatkan. Kami optimis semangat tujuan berjuang bersama. Semoga memberi hasil terbaik," sambung pesepak bola asal Blitar.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kendala Timnas Indonesia U-17

Kendati sudah makin siap menyambut kompetisi Piala Dunia U-17 2023 secara fisik dan taktik, pemain Timnas Indonesia U-17 masih menghadapi beberapa kendala, utamanya yang dirasakan pemain diaspora.

Amar Rayhan Brkic sebagai salah satu penggawa keturunan Timnas Indonesia U-17 mengaku dirinya sedikit kesulitan beradaptasi dengan cuaca Surabaya yang dinilai lebih panas.

"Latihan pertama di Jakarta sangat sulit buat saya. Setelah latihan, kepala saya sakit sedikit, tapi kondisi cuaca di Surabaya sedikit lebih panas. Saya dan tim terus berusaha untuk lebih baik," ungkapnya dalam situs resmi PSSI.

Terlepas dari persialan cuaca, Amar cukup mengapresiasi kinerja Timnas Indonesia U-17 sejauh ini. Ia menilai skuad Garuda Asia memiliki pertahanan dan chemistry bagus, sehingga cukup siap menghadapi Ekuador di laga perdana.

"Saya pikir di tim sangat baik. Chemistry kami sangat baik, tidak ada masalah. Untuk pertandingan melawan Ekuador, saya pikir pertahanan dan chemistry kami bisa menghadapi segalanya," tambah pemain berdarah Bosnia-Indonesia itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan Grup A Piala Dunia U-17 2023

Jumat, 10 November 2023

16.00 WIB: Panama vs Maroko (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Senin, 13 November 2023

16.00 WIB: Maroko vs Ekuador (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Indonesia vs Panama (Stadion Gelora Bung Tomo)  

Kamis, 16 November 2023

19.00 WIB: Maroko vs Indonesia (Stadion Gelora Bung Tomo)

19.00 WIB: Ekuador vs Panama (Stadion Manahan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.