Sukses

21 Pemain Timnas Indonesia U-17 Sudah Dipilih, Siapa yang Bakal Jadi Starter di Piala Dunia U-17?

Ada 11 pemain yang mungkin menjadi starter di Timnas Indonesia U-17 saat Piala Dunia U-17. Dua pemain diaspora mungkin menjadi dua diantaranya.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-17 sudah memilih 21 pemain terakhir yang akan tampil dalam fase grup A Piala Dunia U-17 2023 yang mulai bergulir pada 10 November 2023 di stadion Gelora Bung Tomo. Duel Indonesia melawan Ekuador menjadi laga pembuka di pesta dunia untuk kelompok usia ini.

Timnas U-17 Indonesia satu grup dengan Maroko, Ekuador dan Panama. Indonesia diharapkan bisa melaju ke 16 besar bisa sebagai juara atau runner up, atau juga bisa sebagai peringkat ketiga terbaik.

21 pemain yang dipilih Bima Sakti dan Frank Wormuth selaku konsultan Timnas Indonesia U-17 tidak terlalu mengejutkan. Ada satu pemain yang diharapkan masuk yaitu Chow Yun Damanik, tapi pemain berdarah Swiss, Togo dan Batak.

Namun Chow Yun Damanik terkendala paspor. Proses pemain Lausane U-17 untuk mendapatkan paspor Indonesia masih terkendala riwayat ibu, tapi kabarnya bakal tetap diproses untuk menjadi WNI dan masuk Timnas Indonesia U-20 yang main di Piala Asia U-23 mendatang.

Dari 21 pemain, mayoritas merupakan pemain jebolan juara Piala AFF U-16 pada 2022 lalu. Selebihnya ada satu pemain hasil seleksi seperti M Aulia Rahman dan dua pemain diaspora yaitu Welber Jardim dan Amar Rayhan Brkic.

Ada pula Ji da Bin, Tonci Ramandei dan Muhamadd Andre Pangestu yang tergolong muka baru di Timnas U-17 Indonesia. Lalu siapa yang menjadi starter?

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persaingan Ketat di Posisi Starter

 

Persaingan ketat sepertinya bakal terjadi di posisi starter. Soalnya 21 pemain yang terpilih merupakan hasil seleksi akhir dari 29 pemain yang ikut TC di Jerman lalu.

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti pun sudah mengisyaratkan kalau semua pemain adalah pemain bagus. Karena regulasi, dia hanya bisa bawa 21 pemain.

"Bismillah kami memilih 21 pemain sesuai dengan kebutuhan tim dan regulasi Piala Dunia U-17 yang maksimal 21 pemain," kata Bima Sakti.

"Kami optimistis dengan materi pemain ini, kami dapat meraih hasil terbaik di Piala Dunia U-17 2023. Saat ini perkembangan pemain seperti fisik, mental serta permainan mereka sangat baik dan mengalami kemajuan pesat apalagi seusai pemusatan latihan di Jerman," tambah Bima Sakti.

Pemilihan pemain bakal tambah ketat karena Bima Sakti sering merotasi pemainnya saat TC dan uji coba tujuh kali di Jerman. Ada beberapa pemain yang menonjol, tapi ada juga posisi yang harus diperebutkan.

 

3 dari 4 halaman

Ikram Algiffari atau Andrika Fathir?

 

Dimulai dari posisi penjaga gawang, persaingan bakal berlangsung ketat. Ada Andrika Fathir dan Ikram Algiffari yang bisa dipilih menjadi starter.

Sedangkan untuk posisi bek, M Iqbal Gwijangge tentu sudah tak bisa diganggu gugat.Dia adalah kapten dan inspirasi buat tim.

Untuk tandem di lini belakang, Bima Sakti mungkin memilih Ridjar Nurfiat. Posisi bek kiri dihuni Habil Abdillah, sedangkan posisi kanan akan dihuni Welber Jardim. Bagaimana prediksi susunan pemain versi Liputan6.com? Simak di halaman berikutnya.

 

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Bakal Jadi Starter

 

Formasi: 4-3-3

Kiper: Ikram Algiffari

Bek: Welber Jardim, Iqbal Gwijangge, Ridzjar Nurfiat, Habil Akbar

Tengah: Figo Dennis, Amar Brkic, M Riski Afrisal

Depan: Kafiatur, Arkhan Kaka, M Aulia Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.