Sukses

Pernah Temani Lionel Messi di Bangku Cadangan Barcelona, 5 Pemain Ini Punya Kisah Berbeda

Lionel Messi melakukan debutnya di tim utama Barcelona sekitar pertengahan November 2003. Saat itu, usianya baru mencapai 16 tahun, empat bulan, dan 23 hari. Dia memasuki lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-75 dalam sebuah pertandingan uji coba melawan Porto yang dilatih oleh Jose Mourinho.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah 19 tahun berlalu sejak Lionel Messi melakukan debut resminya bersama FC Barcelona. Karier profesionalnya hingga menjadi salah seorang pemain terbesar dalam sejarah sepak bola dunia diawali sebagai pemain pengganti pada pertandingan melawan RCD Epanyol, 16 Oktober 2004 lalu. 

 

Dia masuk menggantikan posisi Deco. Sementara pemain fenomenal lainnya, yakni Andres Iniesta masuk menggantikan Samuel Eto'o. 

Saat itu, Messi baru berusia 17 tahun, 3 bulan, dan 22 hari. Itu menjadikannya sebagai pemain termuda yang tampil resmi untuk Barcelona.

Messi yang merupakan jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia sebenarnya sudah pernah tampil bersama tim senior, November sebelumnya. Namun saat itu, dia hanya mendapat kesempatan bermain pada laga uji coba melawan FC Porto yang masih ditangani oleh Jose Mourinho. 

Pertandingan melawan Espanyol pun jadi tonggak bersejarah yang mewarnai perjalanan panjang pemain berjuluk La Pulga tersebut. Sejak saat itu, namanya terus meroket hingga menjadi salah satu pemain terhebat yang tercatat dalam sejarah sepak bola dunia. 

Beragam trofi telah dikumpulkan Messi. Dia juga memenangkan 7 gelar Ballon d'Or dan menyempurnakan kehebatannya lewat trofi Piala Dunia 2022.

Namun sebenarnya, Messi tidak sendirian saat meniti jalan menuju sukses. Lima pemain jebolan La Masia lainnya juga ikut menemainya di bangku cadangan. Mimpi mereka sama, yakni mendapat kesempatan tampil dan jalan menuju panggung sepak bola yang lebih besar. Hanya saja, kelimanya tidak seberuntung Messi. Saat karier Messi meroket, kelima pemain ini, yang sering disebut sebagai "rekannya yang terlupakan," memilih arah berbeda.

Meskipun mereka tidak pernah mencapai tingkat ketenaran yang sama dengan Messi, kisah-kisah mereka menarik untuk diikuti. 

 

Dalam artikel ini, Liputan6.com akan mengenang 5 pemain Barcelona yang menemani Messi pertama kali di bangku cadangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fernando Navarro

Fernando Navarro, telah bermain sebanyak 21 pertandingan untuk Barcelona antara tahun 2001 dan 2006. Namun, pencapaiannya yang paling signifikan terjadi selama delapan tahun berikutnya di Sevilla.

Sebagai bek kiri, ia mencatatkan lebih dari 200 penampilan di La Liga selama tujuh musim bersama Sevilla. Ia berperan penting dalam membantu klub meraih dua gelar liga Europa dan juga menjadi bagian dari skuad Spanyol yang berhasil memenangkan Euro 2008.

Setelah itu, Navarro menghabiskan tiga tahun terakhir karirnya bersama Deportivo La Coruna sebelum akhirnya pensiun pada usia 36 tahun pada tahun 2018. Keputusannya untuk pensiun datang setelah Deportivo mengalami degradasi ke divisi kedua sepak bola Spanyol.

3 dari 6 halaman

Carlos Pena

Carlos Pena adalah produk dari sistem pengembangan pemain La Masia, tetapi tidak pernah mendapatkan kesempatan tampil dalam tim utama Barcelona. Ia terbatas untuk bermain di tim B hingga tahun 2006, ketika ia bergabung dengan Albacete.

Sebagian besar karir Pena melihatnya bermain secara rutin di Divisi Segunda, yaitu divisi kedua sepak bola Spanyol. Meskipun begitu, ia sempat mengukir pengalaman bermain di La Liga antara tahun 2012 dan 2014 bersama Rayo Vallecano.

Ia mengakhiri karir bermainnya di Liga India bersama FC Goa, dan kemudian memutuskan untuk pensiun pada usia 36 tahun pada tahun 2020. Saat ini, ia menjalani peran sebagai pelatih kepala tim liga teratas Thailand, Ratchaburi.

4 dari 6 halaman

Ruben Martinez

Ruben Martinez diberikan peran sebagai penjaga gawang ketiga Barcelona pada awal musim 2004/05 dan mulai bermain secara teratur di tim C dan tim B klub.

Meskipun ia belum memiliki debutnya di tim senior saat pertandingan melawan Espanyol, Ruben dipanggil untuk menggantikan Victor Valdes pada pertandingan di Valencia pada bulan Desember.

Setelah tampil sekali lagi di La Liga musim itu, Ruben menghabiskan tiga tahun di luar skuad utama dan beberapa kali dipinjamkan sebelum bergabung dengan tim divisi ketiga, Cartagena, pada tahun 2008.

Selanjutnya, dia telah mengumpulkan lebih dari 150 penampilan di La Liga dengan tujuh klub berbeda. Pada periode yang lebih baru, dia menghabiskan satu musim bersama klub di Siprus, AEK Larnaca.

5 dari 6 halaman

Damia

Damia bergabung dengan Barcelona pada usia 22 tahun pada tahun 2004 dan menjadi pemain reguler di tim B mereka. Ia melakukan debutnya untuk Barcelona pada tanggal 30 Oktober, dua minggu setelah kemenangan atas Espanyol.

Ia kemudian tampil dalam sembilan pertandingan di bawah arahan Frank Rijkaard, yang membuatnya meraih medali sebagai juara La Liga.

Selanjutnya, Damia melanjutkan kariernya di La Liga, bermain untuk Real Betis dan Osasuna. Bagi penggemar sepak bola Inggris, ia juga dikenal karena pengalamannya selama dua tahun di Middlesbrough antara tahun 2014 dan 2016.

Damia didatangkan oleh rekan sejawatnya, Aitor Karanka, tetapi hanya berhasil tampil dalam tujuh pertandingan kompetitif untuk Middlesbrough. Setelah itu, pada tahun 2016, pemain berusia 34 tahun tersebut memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola.

6 dari 6 halaman

Cristian Hidalgo

Cristian Hidalgo tidak pernah mendapatkan kesempatan bermain di tim utama Barcelona, tetapi ia menghabiskan tiga tahun bermain di La Liga bersama Deportivo antara tahun 2006 dan 2009.

Setelah pengalamannya bersama Hercules, di mana ia membantu tim tersebut promosi ke La Liga, Hidalgo juga singgah sebentar di Elche sebelum memulai perjalanannya dalam dunia sepak bola Eropa.

Perjalanan itu membawanya ke berbagai klub di Siprus, Yunani, Bulgaria, dan Israel, sebelum akhirnya bergabung dengan tim Liga India, Chennaiyin. Hidalgo juga mencatatkan penampilan terakhirnya bersama tim Andorra FC Ordino, dan selama kariernya, ia juga pernah bermain di Maroko dan Rumania. Ini adalah rangkaian perjalanan yang mengesankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.