Sukses

Piala Presiden Esports 2023 Masuki Babak Main Event, 2 Gim Lokal Dipertandingkan

Babak main event Piala Presiden Esports 2023 akan berlangsung di di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, 21-22 Oktober. Dua gim loka yaitu Lokapala dan Battle of Guardians akan dipertandingkan.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden Esports 2023 segera memasuki babak Main Event. Kejuaraan olahraga elektronik ini akan digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, 21-22 Oktober 2023.

Beberapa cabang game siap dipertandingkan pada laga puncak Piala Presiden Esports. Mulai dari Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), MLBB Women, hingga dua gim lokal yaitu Lokapala dan Battle of Guardians.

Empat tim esports profesional Mobile Legends: yaitu Bang Bang (MLBB), yaitu AURA Fire, EVOS Legends, Rebellion Zion, dan Pendekar Esports siap berlaga dalam babak main event. Mereka akan bersaing untuk meraih gelar juara.

Keempat tim tersebut akan melalui babak semifinal terlebih dahulu yang akan dilangsungkan pada hari pertama. Pemenang di semifinal akan melaju ke babak grand final yang berlangsung di hari kedua untuk memperebutkan gelar juara.

Dalam gelaran edisi tahun ini, Piala Presiden Esports untuk kali pertama mempertandingkan kejuaraan khusus perempuan melalui cabang gim Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women.

Dua tim raksasa Tanah Air, Bigetron Era dan RRQ Mika akan bersaing memperebutkan trofi sekaligus mencetak sejarah sebagai tim pertama yang merengkuh gelar juara MLBB Women Piala Presiden Esports.

Di tahun ketiga keikutsertaan Lokapala sebagai salah satu gim lokal yang dipertandingkan dalam Piala Presiden Esports, tim Mahadewa dan OPI Admirals berkesempatan untuk bertarung demi mendapatkan trofi Piala Presiden Esports pertamanya.

Sementara itu gim lokal Battle of Guardians masih menyisakan empat peserta. Mereka adalah Yoking, Ucupbaddman, Joddz, dan Kays.

Total hadiah yang mencapai Rp 2 miliar menjadikan Piala Presiden Esports 2023 sebagai salah satu turnamen non-publisher paling prestisius di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Penting Piala Presiden Esports

Mengusung tema "Esports untuk Negeri" di setiap edisi gelarannya, Piala Presiden Esports diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi pemain amatir hingga profesional untuk mengasah kemampuan dan meraih prestasi membanggakan melalui esports.

Piala Presiden Esports yang dihelat pemerintah memiliki peran penting dalam regenerasi atlet di Tanah Air. "Piala Presiden Esports memiliki peran yang sangat penting dalam memacu perkembangan dan kemajuan esports di Indonesia, baik prestasi, industri - terutama pengembangan gim-gim lokal, maupun ekosistemnya," kata Debora Imanuella, Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi, Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di Jakarta, Jumat (13/10).

"Piala Presiden Esports juga berkontribusi dalam mendukung proses regenerasi atlet. Kontribusi tersebut sangat kritikal dan sangat diperlukan untuk proses regenerasi guna melahirkan talenta-talenta esports baru yang berpotensi untuk menjadi andalan Indonesia dalam meraih prestasi tertinggi di kejuaraan-kejuaraan tingkat internasional di masa mendatang," lanjutnya.

Senada dengan PB-ESI, Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023 Rangga Danu Prasetyo mengatakan jika kejuaraan ini mengemban misi sebagai panggung untuk pengembang gim asal Indonesia menunjukkan hasil karyanya.

"Kami sangat bangga bisa kembali bekerja sama dengan Lokapala dan Battle of Guardians, sebagai dua gim lokal yang dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal di Piala Presiden Esports lebih banyak dari gim garapan developer mancanegara," ucap Rangga.

"Semoga Piala Presiden Esports bisa menjadi katalis untuk mewujudkan harapan dari pemerintah Republik Indonesia yang ingin membuat gim lokal menjadi raja di pasar gim dalam negeri." 

3 dari 3 halaman

Apresiasi Piala Presiden Esports 2023

Apresiasi terhadap Piala Presiden Esports 2023 datang Denis Haris Prayogo. “Saya mewakili rekan-rekan satu tim yang lain ingin mengucapkan terima kasih buat Piala Presiden Esports yang kembali mempertandingkan gim Lokapala," kata atlet asal tim Mahadewa itu.

"Turnamen ini menjadi salah satu turnamen yang sudah kami tunggu-tunggu setiap tahun. Apalagi motivasi kami tahun ini sangat besar, yaitu menjadi juara bersama tim Mahadewa untuk pertama kalinya," lanjut Denis yang akan berlaga di babak main event.

Senada dengan Denis, Yosi “Ucupbadmann” Prameista mengaku antusias untuk bertanding di babak main event Piala Presiden Esports 2023. Dia berharap mampu membawa pulang gelar juara setelah dalam edisi sebelumnya harus terhenti di babak kualifikasi. Sebagai informasi tambahan, Battle of Guardians versi mobile akan diluncurkan di Piala Presiden Esports 2023.

“Saya sangat senang bisa mengikuti kejuaraan Piala Presiden Esports 2023. Kehadiran Battle of Guardians sebagai Fighting Game yang dipertandingkan menjadi titik terang bagi para penikmat dan komunitas untuk merasakan skena kompetisi Fighting Game yang lebih besar dalam ajang PPE," ujar Yosi,atlet dari nomor gim Battle of Guardians,

"Pastinya ini akan jadi pengalaman yang tidak terlupakan, bahwa saya mampu tampil di stage sebesar PPE. Semoga saja tahun ini saya bisa menjadi juara baru dan membawa pulang trofi Battle of Guardians Piala Presiden Esports 2023."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.