Sukses

Menpora Dito Ariotedjo Rasakan Keseruan Nonton Timnas Indonesia Bareng Presiden Jokowi

Menpora Dito Ariotedjo duduk langsung dekat Presiden Jokowi saat Timnas Indonesia menggilas Brunei Darussalam 6-0 pada kualifikasi Piala Dunia 2026.

Liputan6.com, Jakarta Kemenangan fantastis 6-0 Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam ada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis 12 Oktober terasa sempurna.Soalnya kemenangan Indonesia ini juga ditonton langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Orang nomor satu di Tanah Air itu duduk di tribune VIP Timur bersama Ibu negara Iriana Jokowi. Sejumlah menteri tampak menyambut kedatangan presiden, salah satunya adalah Menteri pemuda dan olahraga (Menpora RI), Dito Ariotedjo.

Kedua sosok ini terlihat akrab dan sangat menikmati permainan pasukan Shin Tae-yong. Apalagi saat skuad Garuda berhasil mencetak gol, Jokowi bersorak kegirangan dan merayakannya dekat Dito yang duduk tak jauh dengan dirinya.

Terkait hasil pertandingan, Jokowi memberikan apresiasi kepada para pemain. Dia juga terpukau terpukau dengan Ramadhan Sananta yang mencetak brace pada laga ini.

"Semua pemain bermain baik. Sepak bola itu kerja tim. Tapi, di babak kedua, masuknya Ramadhan Sananta mengubah pola permainan Timnas Indonesia," ujar Jokowi seperti rilis yang diterima media.

Lebih lanjut, Jokowi menyebut kemenangan besar ini menjadi modal yang baik untuk laga selanjutnya. "Ini saya kira modal yang baik kan nanti tanding di Brunei tanggal (17 Oktober 2023)," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Berpeluang Besar Lolos Putaran Dua

 

Di sisi lain, Gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dipersembahkan oleh hattrick Dimas Drajad, brace Ramadhan Sananta dan satu gol dari Rizky Ridho.

Kemenangan ini akan menjadi modal berharga bagi Timnas Indonesia saat melakoni leg kedua di kandang Brunei Darussalam nanti. Jika berhasil menyingkirkan Brunei Darussalam, Indonesia masuk Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

Setelah mengantarkan Presiden Jokowi keluar pintu VVIP Tribun Timur, Menpora Dito bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir langsung kembali dan turun ke lapangan untuk mendatangi para pemain. Menpora Dito langsung menyalami sambil mengucapkan terima kasih kepada Pelatih Shin Tae-yong dan pemain.

"Selamat dan terima kasih" ucap Menpora Dito sambil menyalami para pemain dan tim pelatih satu persatu.

 

3 dari 4 halaman

Shin Tae Yong Belum Puas

 

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong belum puas dengan kemenangan yang diraih Indonesia. Dia menilai Garuda bisa tampil lebih baik lagi melawan Brunei Darussalam.

"Untuk isi pertandingan, saya tidak begitu senang. Harusnya permainan kami bisa lebih baik. Setelah gol kedua, sangat lama sampai terjadi gol ketiga. Itu yang harus kita evaluasi," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan di SUGBK, Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Kendati begitu, eks pelatih Timnas Korea Selatan tetap memberi apresiasi bagi anak-anak asuhnya yang mampu bangkit di babak kedua. Ia pun berterima kasih kepada Asnawi Mangkualam dan kolega lantaran berhasil mewujudkan ambisi berpesta gol di kandang sendiri.

"Untungnya di babak kedua, para pemain kembali bekerja keras lagi, dan akhirnya (pertandingan berujung) baik. Jadi saya tetap mengucapkan terima kasih kepada para pemain," kata Shin Tae-yong menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

STY Puji Gol dari Striker Timnas Indonesia

 

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji finishing striker Skuad Garuda pasca kemenangan besar atas Brunei Darussalam dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

Seperti diketahui, Indonesia baru saja memetik kemenangan 6-0 atas anak-anak asuh Mario Rivera, dengan 5 gol di antaranya bersumber dari aksi striker.

Adapun Dimas Drajad berperan mencetak hattrick ke gawang tim tamu. Ramadhan Sananta sukses menyumbang brace, sementara satu gol sisanya merupakan hasil kinerja bek Rizky Ridho.

Shin Tae-yong yang sejak awal menargetkan Timnas Indonesia berpesta gol di laga kontra Brunei Darussalam pun langsung melontarkan apresiasi atas kinerja strikernya.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai pemain depan Skuad Garuda berhasil menunjukkan kemampuan finishing-nya lewat pertandingan kali ini.

"Seperti apa yang kita lihat, memang striker yang cetak 5 gol," ujar pelatih Timnas Indonesia selepas pertandingan melawan Brunei di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

"Jadi ya mungkin ini menunjukkan bahwa striker sangat baik dalam kemampuan finishing-nya," sambung pelatih yang pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.