Sukses

Sinyal Naturalisasi Menguat, Erick Thohir Ungkap Isi Pembicaraan dengan Bek Swansea Nathan Tjoe-A-On

Bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On nampaknya makin dekat menjadi pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia. Sinyal ini menguat setelah dirinya kedapatan ikut menonton dan berbincang langsung dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Liputan6.com, Jakarta - Bek Swansea City Nathan Tjoe-A-On nampaknya makin dekat menjadi pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia. 

Sinyal ini menguat setelah dirinya kedapatan ikut menonton dan berbincang langsung dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir kala Timnas Indonesia menjamu Brunei Darussalam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. 

Sebagaimana diketahui, Nathan Tjoe-A-On memang sudah terlihat muncul di area stadion sejak sore. Ia lantas bergabung dengan rombongan Erick Thohir dan sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden RI Joko Widodo, yang menonton laga dari tribun VIP timur. 

Momen kebersamaan Ketum PSSI dengan pemain Swansea City itu sempat dibagikan Erick lewat unggahannya di media sosial.

Belakangan, sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu membenarkan adanya pembicaraan soal naturalisasi serta keinginan Nathan Tjoe-A-On menjadi WNI demi memperkuat Timnas Indonesia. 

"Ya tadi memang ada rencana (naturalisasi untuk) Nathan yang main di Swansea umur 21 tahun," ujar Erick Thohir usai menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam pada Kamis (12/10/2023) malam WIB.

"Dia bisa main bek kiri, tengah kiri, dan bisa main di tengah juga. Mudah mudahan dia mau jadi Merah Putih," sambung Ketum PSSI kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Butuh Amunisi

Erick Thohir tak menampik kehadiran Nathan Tjoe-A-On memang bisa menjadi tambahan amunisi bagi Timnas Indonesia. Apalagi Skuad Garuda saat ini tengah mengincar slot Asia untuk tampil dalam Piala Dunia 2026 mendatang. 

"Kembali, kita memerlukan 2x11 pemain tim senior yang sama levelnya kalau kita mau terus lebih baik lagi," papar Erick Thohir. 

"Kompetisi akan makin tinggi, pertandingan akan makin berat, semua negara juga ingin (masuk Piala Dunia), karena ingat, jatah Asia kan 8 setengah. Siapa yang tidak ingin?" tambah Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

Nathan Tjoe-A-On Serius Dinaturalisasi

Nathan Tjoe-A-On kabarnya sudah menunjukkan keseriusan untuk menjalani proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Erick Thohir mengklaim pemain Swansea City itu bahkan sudah hadir bersama ayahnya dan dikenalkan kepada Presiden RI Joko Widodo saat pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di SUGBK. 

"Ada (keinginan naturalisasi), dia serius. Kalau tidak, tidak datang dia sama bapaknya. Kalau tidak, tidak dikenalkan sama Presiden," pungkas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.