Sukses

Jadwal Asian Games 2023, Selasa 26 September: Peluang Indonesia Tambah Medali dari Hangzhou

Kontingen Indonesia melanjutkan perjuangan di Asian Games 2023. Pada jadwal Asian Games 2023, Selasa (26/9/2023), para pahlawan olahraga Tanah Air berkesempatan menambah pundi medali.

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Indonesia melanjutkan perjuangan di Asian Games 2023. Pada jadwal Asian Games 2023, Selasa (26/9/2023), para pahlawan olahraga Tanah Air berkesempatan menambah pundi medali.

Kans hadir di dua cabang olahraga yang sudah menyumbang medali bagi Merah Putih. Fathur Gustafian dan Amelia Sifaul Citra berkolaborasi di nomor 10m air rifle mixed team.

Sementara trio Irfandi Julio, Muhammad Sejahtera Dwi Putra, dan Muhammad Badri Akbar bahu membahu di nomor 10m running target mixed run team men. Ketiganya juga bertarung secara individu di 10m running target mixed run men.

Dari wushu, hadir Tasya Ayu Puspa Dewi yang turun di kategori nandao putri. Sedangkan Harris Horatius ambil bagian di nangun putra.

Hingga Senin (25/9/2023) malam WIB, Indonesia menempati peringkat delapan di klasemen medali Asian Games 2022 dengan perolehan satu emas, satu perak, dan empat perunggu. Catatan tersebut menempatkan Merah Putih sebagai wakil Asia Tenggara dengan rapor terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Sudah Rebut Emas di Asian Games 2023

Indonesia merebut medali emas melalui cabang olahraga menembak. Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang sukses memberikan kepingan medali emas pertama untuk Indonesia. Dwi Putra menjadi juara di nomor 10 meter running target putra.

Dwi Putra mencatatkan rata-rata 9,633. Dari enam kali percobaan, Dwi Putra mencatatkan 99, 97, 95, 95, 95, 98. Total poin yang didapat Dwi Putra adalah 578.

Jagoan menembak Indonesia ini mengungguli dua atlet asal Vietnam, Huu Vuong Ngo dan Tuan Anh Nguyen. Dwi Putra unggul tipis dari Vuong Ngo yang meraih medali perak. Keduanya hanya terpaut tujuh angka saja.

Medali emas ini sangat istimewa. Karena, selain menjadi emas pertama yang diraih kontingen Indonesia di Asian Games edisi ke-19, juga bertepatan dengan hari ulang tahun Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo ke-33.

"Medali emas ini disumbangkan buat masyarakat Indonesia sekaligus sebagai kado ulang tahun mas Menpora Dito Ariotedjo yang ke-33," kata pelatih timnas menembak Indonesia Masruri dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"Hasil yang dicapai timnas menembak Indonesia saat ini sudah melampuai hasil yang dicapai pada Asian Games 2018 Jakarta, dimana hanya bisa menghasilkan 1 medali perak," tambah Masruri.

3 dari 3 halaman

Indonesia Kirim 413 Atlet ke Asian Games 2023

Kontingen Indonesia menggirimkan total 413 atlet ke Hangzhou, China. Target kali ini jauh lebih rendah ketimbang Asian Games 2018. Kali ini Indonesia mematok masuk 12 besar di klasemen medali. Sebanyak 12 medali emas dibidik kontingen Indonesia di Hangzhou.

Dari 413 atlet yang diberangkatkan di China, Indonesia total mengikuti 30 cabang olahraga. Kontingen Indonesia di Hangzhou dipimpin oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai CdM tim Indonesia.

"Pesan saya kepada para atlet, Asian Games bukan sekedar pertandingan. Ini adalah panggung di mana kita menunjukkan jati diri, kehormatan, dan semangat bangsa kita. Jangan ragu untuk mengejar medali emas," ujar Ketua NOC Raja Sapta Oktohari.

"Jangan ragu untuk mengejar medali emas. Jangan gentar menghadapi lawan. Ingatlah, setiap langkah dan keringat kalian merepresentasikan doa dan harapan 273 juta rakyat Indonesia," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini