Sukses

Kapten Timnas Indonesia Ungkap Keinginan Bima Sakti Selama TC Piala Dunia U-17 2023 di Jerman

Liputan6.com, Jakarta - Kapten Timnas Indonesia U-17 Iqbal Gwijangge mengungkap pesan pelatih Bima Sakti untuk dia dan rekan-rekannya selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman.

Juru taktik yang pernah mengantar Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022 itu berharap pasukan muda Merah Putih dapat menjaga sikap serta kesehatan sepanjang beraktivitas di Benua Biru.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 memang telah tiba di Jerman sejak Senin (18/9/20230) lalu. Anak-anak asuh Bima Sakti diagendakan menjalani persiapan jelang menyambut Piala Dunia U-17 2023.

Adapun Timnas Indonesia U-17 bakal menghabiskan waktu di negara panser hingga 23 Oktober mendatang. Setelahnya Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan akan kembali ke Indonesia untuk beradaptasi sebelum menjajal kekuatan negara-negara grup A di FIFA U-17 World Cup edisi ini.

"Ya pesan Coach (Bima Sakti) kepada pemain semua, jaga diri di sini. Kita di negara orang, kita harus jaga diri," beber Iqbal mengenai pesan pelatihnya kepada Timnas Indonesia U-17.

"Jadi kalau ada sakit atau apa-apa, kami bilang ke dokter. Kami harus jujur kepada diri sendiri, kalau ada sakit sedikit kami harus minta obat karena kami di sini TC lumayan lama juga, sebulan setengah."

"Kami harus memberikan latihan yang maksimal. Karena kami akan latihan terus, jadi kondisi kami harus fit terus," sambung pesepak bola berusia 17 tahun, seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-17 Langsung Tancap Gas

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 bakal menetap di dua tempat selama TC di Jerman. Untuk saat ini, Iqbal Gwijangge dan kolega tengah tinggal di Guesthouse Textile Academy, Muenchengladbach.

Skuad Garuda Asia pun langsung tancap gas menggelar sesi latihan setibanya di negara panser. Timnas Indonesia U-17 diberi menu adaptasi di lapangan latihan Borussia Muenchengladbach beberapa jam setelah kedatangan.

"Ya Alhamdulillah menu latihan pada hari ini, kami hanya adaptasi latihan saja, karena kami baru sampe beberapa jam lalu. Jadi Coach memberikan latihan yang adaptasi saja, adaptasi cuaca dan lapangan, dan di hari Rabu (20/9), kami akan menaikan intensitasnya," ujar Iqbal dalam situs resmi PSSI.

3 dari 3 halaman

Selingan Timnas Indonesia U-17

Tak cuma digeber dalam sesi latihan, Timnas Indonesia U-17 juga diberi selingan lewat kunjungan Stadion Borussia Park di Jerman. Adapun venue tersebut merupakan kandang bagi Borussia Muenchengladbach saat menjamu lawan-lawannya di Bundesliga.

Pemain Timnas Indonesia U-17 Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky Pramana Putra mengaku senang mendapat kesempatan berunjung ke Borussia Park. Menurutnya aktivitas itu meningkatkan motivasi pemain untuk bisa berkarier di luar negeri.

"Saya senang sekali bisa merasakan aura dan atmosfer di sini, karena ini juga pengalaman pertama kali saya keluar negeri dan berkunjung ke stadion yang ada di luar negeri," ujar Arkhan Kaka dala situ resmi PSSI, Kamis (21/9/2023).

"Stadionnya modern, bagus. Saya semakin termotivasi untuk bisa bermain di luar negeri setelah melihat stadion ini," timpal rekannya Sulthan Zaky soal kunjungan ke Borussia Park.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.