Sukses

Hasil Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Hajar Turkmenistan, Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Qatar

Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar setelah mengalahkan Turkmenistan pada laga kualifikasi Grup K. Skuad asuhan Shin Tae-yong menang 2-0 di Stadion Manahan, Solo, Selasa, 12 September 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar. Kepastian itu didapat usai mengalahkan Turkmenistan 2-0 pada kualifikasi Grup K.

Hasil tersebut menempatkan Timnas Indonesia U-23 sebagai juara Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan enam poin. Sementara Turkmenistan di posisi kedua dengan tiga poin.

Disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, gawang Timnas Indonesia U-23 nyaris kebobolan saat laga baru berlangsung satu menit. Berawal dari kesalahan Elkan Baggott dalam mengumpan, bola bisa direbut Priyev Ruslan.

Ruslan langsung melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, kiper Ernando Ari dengan sigap menangkap bola.

Indonesia balas menyerang di menit ke-5. Tetapi, tembakan Rafael Struick yang berawal dari lemparan Pratama Arhan masih bisa diblok pertahanan Turkmenistan.

Hokky Caraka membuat suporter Timnas Indonesia U-23 bergemuruh pada menit ke-10 dengan golnya setelah memanfaatkan umpan tarik Pratama Arhan. Namun, gol itu dianulir karena dianggap offside.

Indonesia terus berupaya membongkar pertahanan Turkmenistan. Tetapi, upaya Marselino Ferdinan cs mampu diredam skuad racikan Ahmet Agamyradov.

Skuad Garuda mendapatkan peluang mencetak gol pada menit ke-24. Sayang tembakan kaki kiri Rafael Struick meneruskan sudulan Elkan Baggott masih membentur kaki kanan kiper Ahallyyev Rustem.

Sementara Turkmenistan mencoba menembus pertahanan Indonesia melalui aksi individu Shamammet Hydyrow dan Meylis Durdyyev. Aksi kedua pemainnya kerap menyulitkan Baggott dan kawan-kawan.

Indonesia kembali mengancam. Tapi, upaya Struick, Hokky, dan Komang Teguh belum menghasilkan gol.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-41. Sepakan Ivar Jenner dari luar kotak penalti yang membentur kepala Oaz Orazov membuat bola berubah arah dan mengecoh kiper Rustem. Gol!

Skor 1-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan bertahan hingga babak pertama berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Timnas Indonesia U-23 vs Turkmenistan

Memasuki babak kedua, Turkmenistan langsung tampil menyerang. Peluang didapat melalui tendangan bebas Shamammet Hydyrow, namun tidak berujung gol.

Timnas Indonesia U-23 mencoba membalas. Namun, sundulan Rio Fahmi menyambut tendangan bebas Ivar Jenner pada menit ke-54 masih membentur mistar gawang.

Di menit ke-69, Rafael Struick kembali mengancam meski dibayang-bayangi pemain Turkmenistan. Tapi, tendangan penyerang berusia 20 tahun itu masih bisa ditepis kiper Ahallyyev Rustem.

Witan Sulaeman, yang menggantikan Hokky Caraka pada menit ke-70, langsung mencetak gol dua menit kemudian menanfaatkan blunder kiper Rustem. Namun, golnya dianulir karena Witan handball.

Terus menyerang, Timnas Indonesia U-23 akhirnya mencetak gol kedua di menit ke-90+2. Berawal dari umpan satu dua Witan dengan Hannan, Pratama Arhan menyudul umpan di depan mulut gawang. Gol!

Keunggulan 2-0 Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan tidak berubah hingga wasit Korea Kim Dae Yong meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Turkmenistan U-23 (4-2-3-1): Ahallyyev Rustem (kiper), Meylis Durdyyev, Ykhlas Toydzhanov, Ilyas Charyyev, Oraz Orazov (belakang), Ruslan Priyev, Arzuvguly Sapargulyev, Rahman Myratberdiyev, Yagshysahet Dovletgeldiyev Umarov Salim (tengah), Shamammed Khydyrov (depan)

Pelatih: Ahmet Agamyradov (Turkmenistan)

Timnas Indonesia U-23 (4-4-2): Ernando Ari (kiper), Rio Fahmi, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Komang Teguh (belakang), Pratama Arhan, Arkhan Fikri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan (tengah), Hokky Caraka, Rafael Struick (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.