Sukses

Maybank Marathon 2023 Membludak, Berapa Hadiah yang Diperebutkan?

Lomba lari Maybank Marathon 2023 bakal berlangsung di Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Maybank Marathon 2023 bakal berlangsung di Bali Safari dan Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023). Sebanyak lebih dari 13.600 peserta bakal ambil bagian dalam ajang bergengsi ini. 

Ini merupakan rekor jumlah penonton baru sejak Maybank Marathon pertama kali digelar 2012 lalu. Kenaikan diperkirakan mencapai 37 persen bila dibanding jumlah peserta pada tahun lalu. 

Seluruh peserta dari tiga kategori, bakal start dari Bali Safari, Gianyar dan finis di lokasi yang sama. Untuk nomor full marathon bakal menempuh jarak sejauh 42,195 km. Sedangkan nomor half marathon berjarak 21,0975 km. Sementara untuk nomor terpendek bakal menempuh jarak sejauh 10 km. 

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elit internasional yang terdiri dari 6 (enam) atlet elit pria, dan 5 (lima) atlet elit wanita.

Ajang ini juga mengikutsertakan 13 (tiga belas) atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari 6 (enam) atlet nasional marathon pria dan 7 (tujuh) atlet nasional marathon wanita.

Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

Pantauan Liputan6.com, hari kedua pengambilan race pack, Bali, Sabtu (26/8/2028) masih dipenuhi para peserta. Semakin sore, suasana di Taman Bhagawan yang menjadi lokasi pengambilan tampak bertambah ramai. Suasana bertambah meriah dengan berbagai hiburan yang disuguhkan panitia. 

Tidak hanya dari Indonesia saja. Pelari juga berasal dari luar negeri, seperti Malaysia, Jepang, dan Australia. Menurut Presiden Direktur Maybank Indonesia, Tazwin Zakaria, kalau jumlah mereka bertambah banyak dibanding tahun lalu. "Tahun lalu masih suasana pandemi. Banyak infrastruktur belum siap meski sudah mulai memasuki endemi. Mulai penerbangan dan kebijakan lock down berbagai negara. Tahun ini normal, hingga kita lihat kembalinya pelari internasional,” ujar Tazwin.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Maybank Marathon Berhadiah Total Rp2,7 Miliar

Sementara itu, Maybank Indonesia sudah menyiapkan hadiah yang menarik bagi para pemenang masing-masing kategori. Tidak tanggung-tanggung, totalnya mencapai angka Rp2,7 Miliar. 

Hadiah ini akan dibagi untuk 86 pemenang, termasuk yang mampu memecahkan rekor Maybank Marathon. Hadiah terbesar akan diberikan kepada pemenang nomor full marathon kelas open. 

Podium pertama untuk kategori ini bakal mengantongi Rp240 juta. Sementara urutan kedua dan ketiga akan mengantongi Rp125 juta dan Rp100 juta. Hadiah juga diberikan kepada podium 4 dan 5. 

Tazwin menilai, besarnya reward atau hadiah juga ikut menjadi daya tarik Maybank Marathon 2023. Hanya saja, itu bukanlah satu-satunya penyebab membludaknya animo peserta pada tahun ini.

“Seperti yang sudah-sudah, Maybank Marathon adalah lebaran pelari. Jadi bukan karena hadiah, tapi karena penyelenggaraan dan suasana alam yang memang bagus,” kata Tazwin menambahkan.

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap Hadiah Maybank Marathon 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini