Sukses

Maybank Marathon 2023 Catat Rekor Peserta Tertinggi, Waktunya Melirik Label World Majors Series?

Maybank Marathon 2023 bakal berlangsung di Bali Safari, Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Maybank Marathon 2023 Bali menyiapkan total hadiah hingga Rp2,7 Miliar untuk 86 kategori pemenang, termasuk pelari yang sanggup memecahkan rekor. Namun angka ini bukan satu-satunya daya tarik bagi para peserta untuk ikut ambil bagian dalam ajang lari yang rutin berlangsung sejak 2012.

Presiden Direktur Maybank Indonesia, Tazwin Zakaria mengatakan, kalau jumlah pelari yang ikut ambil bagian pada edisi tahun ini menjadi yang terbanyak. Sekitar 13.600 pelari tercatat bakal ambil bagian pada ajang lari yang berlangsung di Bali Safari and Marine Park, Gianyar, Bali, Minggu (27/8/2023).

Tidak hanya dari Indonesia saja. Pelari juga berasal dari luar negeri, seperti Malaysia, Jepang, dan Australia. Maybank Marathon 2023 juga diikuti oleh 11 pelari elite internasional dan 13 pelari nasional.

“Tahun ini memasuki edisi 12. Tidak berasa waktu berlalu begitu cepat. Ini kali kedua kita melaksanakan Maybank Marathon setelah pandemi. Sebelummya 2022. Kami cukup berbahagia untuk memberi tahu kalau Maybank Marathon 2023 Bali puncak pelaksanaan dari segi kepesertaan,” kata Tazwin saat jumpa pers di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali, Sabtu (26/8/2023).

“Ini angka tertinggi sejak pelaksanaan selama 12 tahun. Meningkat 37 persen bila dibanding dengan tahun lalu,” beber Tazwin. 

Menurut Tazwin, membludaknya peserta tak lepas dari situasi pandemi COVID-19 berangur pulih. Akibatnya, pelari-pelari internasional yang sempat menghilang kembali tampil pada tahun ini.

“Tahun lalu masih suasana pandemi. Banyak infrastruktur belum siap meski sudah mulai memasuki endemi. Mulai penerbangan dan kebijakan lock down berbagai negara. Tahun ini normal, hingga kita lihat kembalinya pelari internasional,” ujar Tazwin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadiah Bukan Daya Tarik Utama

Tazwin menilai, besarnya reward atau hadiah juga ikut menjadi daya tarik Maybank Marathon 2023. Hanya saja, itu bukanlah satu-satunya penyebab membludaknya animo peserta pada tahun ini.

(Simak berita daftar hadiah Maybank Marathon 2023 di sini).

“Seperti yang sudah-sudah, Maybank Marathon adalah lebaran pelari. Jadi bukan karena hadiah, tapi karena penyelenggaraan dan suasana alam yang memang bagus,” kata Tazwin menambahkan.

Maybank Marathon pertama digelar pada tahun 2012 lalu. Menurut Tazwin, saat itu jumlah jauh lebih sedikit dari tahun ini.

Namun secara bertahap, event ini terus berkembang dan menjadi daya tarik bagi para pelari. Selain itu, pengakuan juga datang dari organisasi atletik dunia World Athletic yang menjadikan Maybank Marathon 2023 event berlabel elite.

“Awalnya kami berpatisipasi untuk memberi semangat dalam menggalakkan pola hidup sehat. Kami tidak berpikir muluk-muluk kecuali menggelar kejuaraan ini dengan baik dari penyelenggaraan,” kata Tazwin.

Tazwin menambahkan, sebenarnya ada sejumlah opsi olahraga yang ingin dikembangkan oleh Maybank Indonesia. Hanya saja pilihan akhirnya jatuh pada lari karena bisa diikuti seluruh lapisan masyarakat.

“Keamanan dan kenyamanan peserta yang paling utama bagi kami. Dan tanpa mendaftar, tanpa minta kami diberi elite label saat pandemi oleh World Athletic mengacu pada penyelenggaraan 2019,” kata Tazwin menjelaskan.

 

3 dari 3 halaman

Pertukaran Pelari dengan Thailand

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Maybank Marathon 2023 akan melombakan tiga kategori, yakni full marathon, half marathon, dan 10K.

Menginjak penyelenggaraan ke-12 Maybank Marathon tahun ini, Maybank Indonesia mengikutsertakan 11 atlet lari elit internasional yang terdiri dari 6 (enam) atlet elit pria, dan 5 (lima) atlet elit wanita.

Ajang ini juga mengikutsertakan 13 (tiga belas) atlet lari nasional dengan catatan waktu terbaik yang terdiri dari 6 (enam) atlet nasional marathon pria dan 7 (tujuh) atlet nasional marathon wanita.

Maybank Marathon juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni PON 2020 di Papua dan PON 2024 yang akan datang di Aceh-Sumut.

Sementara itu, Maybank Marathon mulai tahun ini juga telah  menjalin kerja sama sister marathon dengan Bangsaen42 Chonburi Marathon di Thailand. Nantinya 40 pelari tercepat dari Maybank Marathon 2023 bakal dapat tiket gratis untuk tampil di Negeri Gajah Putih. Begitu juga sebaliknya.

Seluruhnya akan berlaga di lebel marathon dengan rincian 10 pelari dari level open, 20 level nasional, dan 10 pelari level master. “Apakah ada keinginan atau mimpi jadi World Major Marathon? Saya melihat ini sebabai konsekuensi ketimbang cita-cita yang dikejar secara khusus,” kata Tazwin Zakaria.

“Sister marathon, goal-nya ingin buat South East Asia Major series sebab kita melihat  kawasan Asia Tenggara juga tidak kalah bagus dengan World Manjor Series yang ada sekarang ini,” kata Project Director Maybank Marathon, Widya Permana menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.