Sukses

PT SCM Beri Edukasi dan Sosialisasi Nonton Bersama demi Cegah Pembajakan Siaran Piala AFF U-23 2023

PT Surya Citra Media Tbk (SCM) selaku pemegang hak siar eksklusif tayangan Piala AFF U-23 2023 memberi edukasi sekaligus sosialisasi demi mencegah pembajakan siaran sepak bola level Asia Tenggara yang dihelat di Thailand, terhitung sejak 17 hingga 26 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surya Citra Media Tbk (SCM) selaku pemegang hak siar eksklusif tayangan Piala AFF U-23 2023 memberi edukasi sekaligus sosialisasi demi mencegah pembajakan siaran sepak bola level Asia Tenggara yang dihelat di Thailand itu.

Sosialisasi tersebut dilakukan dengan bantuan PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG). IEG ditunjuk oleh SCM sebagai mitra alias partner resmi kegiatan nonton bersama (public viewing) kompetisi Piala AFF U-23 di seluruh wilayah Indonesia.

Sekadar informasi, Piala AFF U-23 2023 saat ini telah memasuki partai puncak. Timnas Indonesia U-23 di bawah asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan meladeni perlawanan Vietnam pada Sabtu (26/8/2023) pukul 20.00 WIB demi memperebutkan gelar juara.

Keberhasilan Garuda Muda tembus ke final Piala AFF U-23 2023 tak ayal bakal menarik animo masyarakat untuk menyaksikan perjuangan Ramadhan Sananta dan kawan-kawan.

Oleh sebab itu, guna menghindari hal-hal tak diinginkan, seperti pembajakan siaran, IEG berhak melakukan sosialisasi sekaligus pengawasan terhadap kegiatan nonton bersama Piala AFF U-23 2023 di Tanah Air.

"Untuk itu, IEG berhak melakukan kegiatan sosialisasi, pemasaran dan pengawasan izin penyelenggaraan kegiatan nonton bersama (public viewing) AFF U-23 Championship. Menunjuk mitra untuk pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan nonton bersama AFF U-23 Championship di seluruh wilayah negara Republik Indonesia," demikian bunyi siaran pers yang diterima Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IEG Apresiasi Kerja Sama Lembaga Pemerintahan dan Kepolisian

Di sisi lain, IEG juga memberi apresiasi atas kerja sama lembaga pemerintahan, kepolisian, organisasi, serta seluruh lapisan masyarakat yang sebelumnya telah berpartisipasi menyukseskan jalannya kegiatan nonton bersama.

Seperti diketahui, sebelum memegang hak siar Piala AFF U-23 2023, SCM turut menjadi pemilik hak siar resmi untuk ajang FIFA World Cup 2022 yang berlangsung di Qatar pada akhir tahun lalu.

Adanya dukungan dan partisipasi lapisan masyarakat membuat kegiatan nonton bersama sebelumnya berjalan kondusif. Hal ini pun diharapkan dapat kembali terwujud dalam gelaran Piala AFF U-23 2023 yang memasuki partai puncak.

3 dari 3 halaman

Kegiatan Nonton Bersama Piala AFF U-23 Harus Kantongi Izin

Seperti halnya di Piala Dunia 2022, segala bentuk pertandingan atau program AFF U-23 Championship yang disiarkan saluran resmi SCM, termasuk laga Timnas Indonesia U-23, hanya terbatas untuk penggunaan pribadi.

Penoton dilarang menggunakan tayangan, baik untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, kecuali telah mendapatkan izin nobar secara resmi dan tertulis dari IEG. Jika hal ini dilanggar, SCM sendiri berhak mengambil tindakan tegas terhadap pelaku.

Oleh karena itu, khalayak umum diharapkan tidak melakukan hal-hal yang berpotensi melanggar hak-hak Grup SCM dan IEG, serta menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia, termasuk tetapi tidak terbatas pada Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, dan segala peraturan pelaksanaan yang berlaku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.