Sukses

Rute Maybank Marathon 2023 Tidak Berubah, Peserta Dibatasi Sesuai Kapasitas Maksimal

Lebih dari 13 ribu peserta ikut ambil bagian pada lomba lari Maybank Marathon Bali 2023 yang akan berlangsung pada Minggu (27/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Maybank Marathon 2023 kembali berlangsung di Gianyar, Bali. Seluruh peserta dari tiga kategori, bakal start dari Bali Safari, Gianyar dan finis di lokasi yang sama pada Minggu pagi (27/8/2023).

Untuk nomor full marathon bakal menempuh jarak sejauh 42,195 km. Sedangkan nomor half marathon berjarak 21,0975 km. Sementara untuk nomor terpendek bakal menempuh jarak sejauh 10 km.

Lebih dari 13 ribu peserta bakal ambil bagan pada lomba tahunan ini. Menurut Project Manager Maybank Marathon, Anggun Pratama, sebagian besar akan turun pada nomor half marathon, disusul nomor 10K, dan full marathon.

“Untuk jumlah peserta kurang lebih 13 ribu. Ini sudah jumlah maksimal kapasitas rute yang bisa dibuat tahun ini. Kalau tidak dibatasi angkanya bisa tembus 20 ribu peserta. Ini demi menjaga kenyamanan dan keselamatan peserta juga,” katanya dalam acara jumpa pers yang berlangsung di Taman Bhagawan, Bali, Jumat (25/8/2023).

Rute Maybank Marathon Bali 2023 tidak berbeda dari tahun lalu. Seluruh peserta akan melintas di Jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra. Pelari lalu terpecah mengikuti nomor yang diikuti. Untuk pelari 10 K bakal berbelok ke jalan Selukat menuju arah Keramas sebelum berbalik lagi ke Bali Safari lewat jalan Pantai Masceti.

Sementara para pelari Half Marathon berbelok di daerah Saba menuju jalan Permata Pering. Setelah itu, pelari kemudian melintasi kawasan Belega, Bona, Abianse lewat jalan Pantai Masceti menuju garis finis yang berada di titik awal, Bali Safari.

Adapun nomor terjauh Full Marathon juga akan mengawali lomba dari jalan Prof Dr Ida Bagus Mantra, lalu beberlok melewati Ketewel menuju arah Sukawati. Pelari kemudian kembali mengarah Prof Dr Ida Bagus Mantra sebelum mengeliligi kawasan Saba. Setelah bertemu jalan Ida Bagus Mantra, pelari selanjutnya mengarah ke kawasan Pering, Blahbatu, Belega, Abianse, Keramas, lalu finish di Bali Safari.

”Maybank Marathon Bali 2023 sifatnya looping. Artinya para peserta bakal start dan finis di lokasi yang sama. Start dimulai pada pukul 04.30 untuk marathon, lalu 05.30 untuk half marathon, diikuti  nomor 10K pada pukul 06.30,” kata Pratama menjelaskan.

Sejumlah fasilitas pendukung sudah disiapkan oleh panita untuk menjaga kelancaran lomba. Para pelari juga disediakan shuttle untuk memudahkan pergerakan menuju area start. "Selain itu, kami juga menyediakan kantong parkir bagi peserta yang memang membawa kendaraan," beber Pratama. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Bakal Menghadapi Sejumlah Rute Menanjak

Pada kesempatan yang sama, Co-Project Manager Mybank Marathon Bali 2023, Aryo Budisatrio menambahkan, selama lomba, para pelari bakal disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah, serta bangunan Pura dan patung-patung bernuansa khas Bali.

Selain itu, saat lomba para pelari Maybank Marathon Bali 2023 nantinya juga akan dihibur oleh  berbagai pertunjukan kesenian daerah. Sejumlah desa yang dilintasi para pelerta akan menghadirkan berbagai tarian khas Bali, seperti Legong Keraton, Barong,  Belibis, Pendet, hingga Tari Cak.

“Untuk tantangannya sendiri, ada sejumlah rute yang menanjak. Para pelari biasa menyebutnya hilling,” beber Aryo menambahkan. Rute lomba Maybank Marathon Bali 2023 sendiri telah mendapat sertifikasi dari AIMS baik dari segi jarak dan pertimbangan keseamanan serta keselamatan para peserta.

 

Jadwal Start Maybank Marathon 2023:

Minggu (27/8/2023)

04.30 WITA: Marathon (42km)

05.30 WITA: Half Marathon (21 km)

06.00 WITA: 10 K (10 km)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.