Sukses

Fans Manchester United Dapat Kabar Gembira, Keluarga Glazer Terima Tawaran Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim

Fans Manchester United sebentar lagi bakal memiliki pemilik baru asal Qatar yaitu Sheikh Jassim asal Qatar. Tawaran Rp 116 Triliun dari mereka sudah diterima keluarga Glazer.

Liputan6.com, Jakarta Fans Manchester United bisa bergembira karena dikabarkan keluarga Glazer mau akhiri penantian panjang soal penjualan klub. Seperti dilansir Metro, keluarga Glazer akhirnya mau menerima tawaran 6 miliar pounds atau Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani.

Kini, Sheikh Jassim bakal melakukan proses pengambil alihan klub. Kabarnya, bankir asal Qatar ini akan mengambil alih MU secara total pada Oktober nanti.

Kabar ini jelas melegakkan. Soalnya, masalah penjualan Man Utd sudah berlarut-larut hingga sembilan bulan sejak terakhir kali diumumkan penjualan pada November 2022 lalu.

Sejak saat itu, dua calon investor bersaing yaitu Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim. Ratchlife disukai Joel dan Avram Glazer karena memungkinkan Keluarga Glazer masih punya sahan, sedangkan Jassim ambil 100 persen saham kepemilikan MU.

Inilah yang membuat proses penjualan Manchester United berlarut-larut. Keluarga Glazer sempat tak rela lepas MU sepenuhnya dan ini membuat marah fans.

Untunglah kesepakatan akhirnya tercapai. Keluarga Glazer sudah rela melepas Manchester United sepenuhnya dan bakal mendapatkan Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sheikh Jassim Benahi Manchester United Secara Total

 

Selain mengakuisisi MU 100 persen, Sheikh Jassim juga sangat peduli dengan hutang yang dimiliki MU. Hutang kotor MU saat ini mencapai 725 juta pounds atau Rp 14 Triliun.

Kini, Sheikh Jassim bakal melakukan due dilligence yang meliputi investigasi, audit atau review semua soal maslaah yang dihadapi MU. Jassim membutuhkan laporan keuangan lengkap dari Keluarga Glazer.

Selain melakukan due diligence untuk diri sendiri, Sheikh Jassim juga bakal menjalani tes dari Pemilik dan Direksi Premier League. Ini semacam fit and proper tes atau tes kelayakan soal Sheikh Jassim yang akan menjadi pemilik baru MU.

 

3 dari 5 halaman

Sheikh Jassim Belum Bisa Bantu Transfer

 

Di sisi lain, Sheikh Jassim belum bisa merampungkan proses pengambil alihan klub sebelum akhir Agustus. Dimana bursa transfer akan ditutup.

Namun Sheikh Jassim akan memperbaiki stadion Old Trafford dan tempat latihan di Carrington. Saat ini, MU sedang sibuk mencari pemain keempat untuk melengkapi skuad.

Ten Hag masih kebingungan untuk mencari pemain keempat karena juga harus menjual pemain.

4 dari 5 halaman

Sheikh Jassim Sempat Khawatir Keluarga Glazer Batal Jual MU

Keluarga Glazer pada November 2022 telah mengungkapkan terbuka untuk menjual Manchester Untied. Semula diperkirakan pengambilalihan dilakukan sebelum bursa transfer musim panas 2023 dibuka

Tetapi, menurut Manchester Evening News, Sheikh Jassim hingga kini belum menerima tanggapan atas tawaran sebesar 5 juta pound untuk membeli MU. Padahal, tawaran itu sudah diajukan pada Mei lalu.

Laporan itu mengklaim sekarang ada kekhawatiran dari Sheikh Jassim bahwa keluarga Glazer bisa saja memutuskan batal menjual Man Utd. Meski proses pengambilalihan klub Inggris itu sudah berlangsung sembilan bulan.

Miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe juga diyakini memiliki tawaran di atas meja. Tetapi, tawaran dari Grup Ineos itu bukan untuk 100% saham klub, melainkan saham pengendali.

Diduga masih ada perpecahan di antara Glazer bersaudara tentang tindakan terbaik. Akibatnya, Sheikh Jassim dan Ratcliffe sekarang menjadi kurang percaya diri terkait peluang mereka untuk menyelesaikan pengambilalihan MU.

Sebelumnya, Sheikh Jassim juga menegaskan bahwa dia bersedia menyediakan dana tambahan buat Manchester United untuk meningkatkan Old Trafford dan kompleks latihan klub Carrington. Karena, fasilitas stadion dan tempat latihan MU itu tertinggal dari rival mereka.

5 dari 5 halaman

Peringkat Manchester United di Liga Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.