Sukses

Hasil Race 1 SS600 ARRC Mandalika 2023: Fadillah Arbi Aditama 5 Besar, Malaysia Dominasi Podium

Indonesia gagal merebut podium dalam balapan pertama kelas SS600 Asia Road Racing Championship (ARRC) Mandalika 2024, Sabtu (12/8/2023) sore waktu setempat. Pencapaian terbaik yang diperoleh wakil Merah Putih hanyalah finis di urutan lima berkat rider Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia gagal merebut podium dalam balapan pertama kelas SS600 Asia Road Racing Championship (ARRC) Mandalika 2023, Sabtu (12/8/2023) sore waktu setempat.

Pencapaian terbaik yang diperoleh wakil Merah Putih hanyalah finis di urutan lima berkat rider Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama. 

Sementara itu, posisi podium dihunu oleh pembalap Malaysia yang mendominasi tempat pertama dan kedua, diikuti rider Jepang yang menghuni urutan tiga.

Memulai di starting grid keenam dalam balapan 1 ARRC Mandalika 2023, Fadillah Arbi Aditama sempat merangsek ke tiga besar di awal balapan. Akan tetapi, posisinya dengan cepat direbut oleh rider Malaysia.

Trio pembalap asal Negeri Jiran kokoh menghuni tiga posisi terdepan hingga memasuki lap keenam. Azroy Hakeem Anuar, Muhammad Helmi Azman, dan Khairul Idham Pawi memaksa Arbi terkunci di urutan 4. 

Rider Astra Honda Racing Team kembali terlempar memasuki 5 lap terakhir. Arbi menjadi penguni urutan enam, dipepet kompatriot sekaligus rekan setimnya Mohammad Adenanta Putra di tempat ke-7. 

Barulah di lap keenam, persaingan sengit tersaji. Fadillah Arbi Aditama terlibat perebutan tempat keempat dengan rider Jepang Keito Abe. Juara JuniorGP seri Catalunya berhasuil menembus empat besar, sebelum terlempar dua setrip tak lama setelahnya. 

Tak ada perubahan posisi di urutan tiga besar hingga memasuki lap terakhir. Fadillah Arbi Aditama masih terkunci di tempat keenam, meninggalkan Mohammad Adenanta yang menduduki posisi delapan. 

Tikungan tajam lagi-lagi mewarnai persaingan jelang garis ginis. Pembalap Malaysia Muhammad Helmi Azman tiba-tiba merangsek ke posisi terdepan diikuti Khairul Idam Pawi (Malaysia) dan Soichiro Minamimoto (Jepang), sedangkan Arbi dan Adenanta masing-masing naik satu peringkat. 

Adapun Indonesia sejatinya masih punya dua wakil lain dari Yamaha Racing Indonesia, yakni Galang Hendra Pratama dan Andi Muhammad Fadly. Akan tetapi, keduanya juga gagal menunjukkan taring, dengan mereka masing-masing finis di urutan 8 serta 14.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil SS600 ARRC Mandalika 2024

Podium

1. Muhammad Helmi Azman - Malaysia - Boon Siew Honda Racing Team 

2. Khairul Idam Pawi - Malaysia - Boon Siew Honda Racing Team 

3.Soichiro Minamimoto - Jepang - Yamaha Gen Blu Racing Team ASEAN

 

Wakil Indonesia

5. Fadillah Arbi Aditama - Indonesia - Astra Honda Racing Team

7. Mohammad Adenanta Putra - Indonesia - Astra Honda Racing Team

8. Galang Hendra Pratama - Indonesia - Yamaha Racing Indonesia

14. Andi Muhammad Fadly - Indonesia - Yamaha Racing Indonesia

3 dari 3 halaman

Beda Nasib dengan AP250 ARRC Mandalika 2023

Situasi berbeda terjadi di kelas AP250. Justru pembalap Indonesia yang berhasil menyapu bersih podium dalam balapan pertama seri keempat ARRC 2023 di Sirkuit Mandalika, Sabtu (12/8/2023).

Rider Astra Honda Racing Team Herjun Atna Firdaus menjadi yang tercepat setelah mengasapi rekan senegaranya dari Yamaha Racing Indonesia, Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho.

Hasil tersebut membuat tiga bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya dikumandangkan di podium ARRC Mandalika 2023, Sabtu (12/8/2023) sore WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.