Sukses

Beri Contoh Persatuan Indonesia, IKA FH Unpad dan ILUNI FHUI Tanding Sepak Bola di GBK

Pertandingan persahabatan berlangsung di Stadion Madya yang berada di komplek Gelora Bung Karno.

Liputan6.com, Jakarta- Dua ikatan alumni fakultas hukum ternama di Indonesia, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (IKA FH Unpad) dan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) menggelar pertandingan persahabatan sepak bola di Gelora Bung Karno (GBK) pada 9 Agustus 2023.

Salah satu perwakilan alumni FH UNPAD, Achmad Jaka Santos Adiwijaya yang juga menjabat Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini mengatakan, pertandingan persahabatan itu mempunyai tujuan yang baik, bagaimana memberikan contoh kepada masyarakat tentang persaudaraan dan persatuan Indonesia.

"Diharapkan dengan pertandingan ini, kedua belah pihak sebagai fakultas hukum yang tentunya punya reputasi baik di mata masyarakat Indonesia, dapat memberikan contoh bahwa persatuan Indonesia itu bisa diwujudkan dalam banyak hal, dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan profesi maupun kehidupan pergaulan sosial di level apapun termasuk di level pendidikan tinggi," jelasnya kepada media di Jakarta, Rabu malam (10/8).

Selain memberikan contoh persatuan tersebut, kata Jaka, dalam pertandingan persahabatan itu dapat memberikan tontonan yang menarik, meski hanya pertandingan persahabatan, namun kompetisi atau kompetitifnesnya tetap bisa ditampilkan untuk menarik perhatian penonton.

"Dimana masing-masing dari tim diharapkan bisa menampilkan kualitas pertandingan sesuai dengan levelnya, itu sebagai suatu suguhan pertandingan yang enak ditonton meskipun dalam persahabatan," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Pentingkan Hasil Pertandingan

Selanjutnya, kata Doktor ilmu hukum ini, apapun hasilnya, apabila hasilnya menang atau kalah tetap harus dinikmati sebagai pertandingan persahabatan, karena tujuan utamanya adalah terjalinnya persahabatan yang baik antar kedua belah pihak.

"Kita nikmati sebagai suatu pertandingan persahabatan, yang menang artinya dia bisa mendapatkan kredit lebih baik, yang kalah tidak masalah, karena ini toh Sebuah persahabatan, dimana tujuan utamanya pasti adalah terjalinnya persahabatan itu sendiri bukan sekedar menang kalah," paparnya.

3 dari 3 halaman

Kegiatan Olahraga

Apalagi, lanjut Jaka, saat ini di era jelang pemilu, kegiatan ini harus bisa menjadi contoh yang baik sebagai persaingan-persaingan bagi para pemimpin yang akan terjun di pemilu 2024 mendatang.

"Pastinya bisa menjadi contoh ya bagi persaingan-persaingan para pemimpin, di mana sebetulnya para pemimpin yang bersaing itu adalah bersaing dalam konteks persaudaraan sesama bangsa Indonesia untuk memilih yang terbaik tanpa harus saling menyakiti satu sama lain, sekalipun ada yang menang dan ada yang kalah," tutupnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua IKA FH Unpad, Yudhi Wibhisana menambahkan, pertandingan persahabatan ini menjadi awal untuk kerjasama ke depannya diantara kedua alumni antara IKA FH Unpad maupun ILUNI FHUI.

“Friendly match ini bagian dari perjalanan join program antara IKA FH Unpad dengan ILUNI FHUI. Olahraga, kesenian dan kegiatan-kegiatan lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat," kata pria yang akrab disapa Kang Kiduy ini.

Apalagi, kata Yudhi, tidak dapat dipungkiri bahwa sepakbola adalah salah satu olahraga pemersatu dan paling banyak peminatnya di kalangan masyarakat.

"Saat ini saja kami sedang merumuskan kegiatan untuk membahas beberapa rancangan undang-undang yang sudah dikeluarkan pemerintah atau DPR. Ke depan, insya Allah, akan lebih banyak lagi kegiatan dari kami alumni FH Unpad dan UI," tutup Yudhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini