Sukses

Depak Belanda, Spanyol Tembus Semifinal Piala Dunia Wanita 2023

Spanyol berhasil menang dramatis 2-1 ketika melawan Belanda di babak perempat final Piala Dunia Wanita 2023.

Liputan6.com, Jakarta Spanyol berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia Wanita 2023. Spanyol menang 2-1 atas Belanda di babak perempat final melalui extra time. Pemain muda Salma Paralluelo menjadi penentu kemenangan Spanyol pada laga di Stadion Wellington Regional, Jumat (11/8/2023) pagi WIB.

Sukses ini menjadi sejarah baru bagi timnas sepak bola wanita Spanyol. Mereka sebelumnya tak pernah bisa menembus babak semifinal Piala Dunia Wanita. Di babak empat besar, Spanyol akan menunggu pemenang laga Swedia melawan wakil Asia Jepang.

Spanyol tampil mendominasi di laga ini namun sangat kesulitan untuk bisa mencetak gol. Esther Gonzalez membuka keunggulan Spanyol di menit 38, namun gol ini dianulir wasit setelah mengecek VAR. Esther dinyatakan telah terlebih dulu terjebak off-side.

Pada menit 64 giliran Belanda yang dibikin kesal oleh VAR. Belanda gagal mendapatkan hadiah penalti setelah VAR membatalkannya.

Spanyol akhirnya bisa membuka keunggulan pada menit 81. Mariona Caldentey mengeksekusi hadiah penalti dengan baik. Wasit memberikan penalti setelah Stefanie van der Gragt kedapatan menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang.

Kemenangan Spanyol yang sudah di depan mata sirna setelah Van der Gragt membayar lunas kesalahanya. Pada menit 90+1, Van der Gragt mampu menyamakan skor setelah berdiri bebas tanpa kawalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor Gol Terbanyak Piala Dunia Wanita

Gol Van der Gragt ini memecahkan rekor. Ini menjadi gol ke-147 yang tercipta di Piala Dunia Wanita 2023 dan menjadi catatan terbanyak dalam satu perhelatan Piala Dunia Wanita.

Karena selama 90 menit pertandingan berlangsung sama kuat 1-1, duel Spanyol vs Belanda harus berlanjut ke babak tambahan untuk menentukan siapa yang lolos ke semifinal.

 

3 dari 3 halaman

Beerensteyn Jadi Pecundang

Belanda nyaris berbalik unggul di babak tambahan. Dua kali Lineth Beerensteyn memiliki peluang emas, tapi selalu disia-siakannya dimana tembakannya meleset dari sasaran.

Kegagalan Beerensteyn harus dibayar mahal. Spanyol yang bisa kembali unggul. Lewat serangan balik setelah kegagalan Beerensteyn, Salma Paralluelo dengan dingin menyelesaikan peluang yang didapat guna membawa Spanyol memimpin 2-1.

Beerensteyn lagi-lagi membuang peluang emas untuk menyamakan skor. Sepakan Beerensteyn di kotak penalti masih melambung dari gawang Spanyol. Skor 2-1 bertahan sampai babak tambahan selesai. Spanyol pun berhak ke semifinal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini