Sukses

Ikut MotoGP Inggris, Marc Marquez Mulai dari Nol Lagi dengan Pilihan Motor Ini

Marc Marquez diketahui sudah menggunakan motor spek pertama saat mengikuti MotoGP Inggris di sirkuit Silverstone yang sudah dimulai sejak Jumat 4 Agustus 2023 kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengikuti MotoGP Inggris dengan semangat yang benar-benar baru. Untuk meraih hasil baik, Marquez rela balik ke nol lagi.

Kok begitu? Ya, Marquez diketahui sudah memilih motor dengan spek Portimao saat balapan di sirkuit Silverstone nanti. Ini menjadi motor pertama yang dipakai Marquez di seri pertama MotoGP 2023.

Hasilnya, Marquez memang belum bisa tembus ke kualifikasi 2 MotoGP Inggris. Dia hanya merebut posisi ke-13 pada FP2 MotoGP Inggris atau terpaut 1,272 detik dari pembalap tercepat Aleix Espargaro.

Meski begitu, ini tidak masalah bagi Marquez. Soalnya, pembalap asal Spanyol ini ingin mencari setelan dasar terbaik dengan kembali menggunakan spek motor di seri pertama MotoGP.

"Kalau Anda tak punya setelan dasar, Anda tak bisa memikirkan masa depan. Anda tak bisa membangun sebuah balapan yang bagus," kata Marquez yang direcoki banyak insiden jatuh di 8 seri MotoGP sebelumnya seperti dikutip crash.

"Jadi target saya di latihan Jumat yaitu bisa membalap dengan mulus dan mendapatkan kepercayaan diri lagi dengan motor. Saya mencoba tidak crash lagi."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Marquez Ungkap Cara Kejar Waktu Lap

 

Marquez memang tidak memforsir motor dan gaya balapnya saat latihan bebas Jumat. Dia pun punya cara untuk kejar waktu lap.

"Tentu, saya kejar waktu lap sehingga harus gaspol. Namun kalau Anda perhatikan, saya hanya gunakan satu ban karena saya belum merasa siap untuk pol polan lagi," katanya.

"Kalau saya tak merasa siap, saya tak mau menekan, seperti di sebuah tes."

 

3 dari 5 halaman

Marquez Tak Mau Memaksakan Diri

 

Marquez tak mempermasalahkan hanya berada di posisi ke-13. Meski menjadi pembalap Honda tercepat, namun dia harus memulai dari kualiifikasi 1.

"Saya menggunakan 3 ban lunak hari ini (latihan Jumat). Jadi pada Sabtu, kalau tidak hujan, lalu untuk kualifikasi saya hannya punya satu ban bekas," ujarnya.

"Tapi tak masalah start di posisi ke-13 atau 18. Target saya yaitu menemukan setelan dasar. Kita lihat apakah saya bisa mendapatkan balapan akhir pekan yang bagus."

 

4 dari 5 halaman

Hasil Evaluasi Bikin Marquez Kembali ke Motor Spek Pertama

 

Marquez mengatakan evaluasi selama paruh pertama MotoGP menghasilkan keputusan untuk kembali motor spek pertama. Soalnya tambahan suku cadang dan yang lainnya tak memecahkan masalah yang ada.

"Kami menganalisa hasil di paruh pertama musim, kami memulai dengan satu motor, lalu mengubah sasis dan lain-lain, dan masalahnya tetap sama," kata Marquez.

"Jadi kami akhirnya memutuskan untuk pakai motor di Portimao, benar-benar motor yang sama, hanya untuk memahami dimana kami sebenarnya."

 

5 dari 5 halaman

Marquez Ungkap Cedera Baru yang Menghadangnya

 

Setelah mengalami patah tulang ibu jari di Portimao, lalu patah tulang iga dan engkel di Sachsenring, Marquez ternyata masih didera cedera lain. Kini dia mengalami masalah di pangkal paha.

"Saya sebenarnya ingin menyembunyikannya tapi Anda bisa membaca dari bahasa tubuh saya. Yah, saya tak bisa 100 persen saat balapan karena merasa sakit di bagian abductor kanan yang terjadi bulan lalu," katanya.

"Mungkin ini karena cedera engkel kanan yang belum sembuh, lalu saya naik sepeda dengan cara yang tidak baik karena menyakitkan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.