Sukses

Hasil Australian Open 2023: Rinov/Pitha Terhenti di Perempat Final

Ganda campuran bulu tangkis Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terhenti di babak perempat final Australian Open 2023 lantaran diadang oleh wakil China Chen Xing/Chen Fang Hui dengan dua game langsung 16-21, 16-21 pada Jumat (4/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda campuran bulu tangkis Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal meneruskan langkahnya ke babak semifinal Australian Open 2023.

Mereka diadang oleh wakil China Chen Xing/Chen Fang Hui dengan dua game langsung 16-21, 16-21 dalam pertarungan fase perempat final yang dihelat di State Sports Centre, Sydney, Australia pada Jumat (4/8/2023).

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memberi perlawanan cukup ketat di awal game pertama. Pasangan Indonesia sanggup mengimbangi torehan poin Chen Xing/Chen Fang Hui hingga kedudukan 6-6.

Setelahnya, Chen/Chen melesat dengan tambahan tiga poin beruntun. Upaya yang dilakukan Rinov/Pitha untuk mengikis ketertinggalan pun belum membuahkan hasil maksimal, sehingga wakil Merah Putih masih terpaut empat angka dengan 7-11 saat interval.

Situasi belum berubah selepas jeda. Rinov/Pitha masih kesulitan mematahkan dominasi pasangan Tiongkok. Malahan Chen/Chen tampil makin percaya diri. Mereka melesat dengan 15-18 sebelum mendapat game point opportunity di kedudukan 12-20.

Rinov/Pitha masih mencoba memperpanjang napas setelahnya. Mereka berhasil mendekatkan selisih jarak menjadi 16-20 setelah mengoleksi tambahan empat angka berturut-turut setelahnya.

Malang, laju poin pebulu tangkis Indonesia akhirnya terhenti. Rinov/Pitha harus mengakui keunggulan Chen/Chen setelah takluk 16-21 di pengujung game pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Kedua Rinov/Pitha Melawan Wakil China

Pasangan Tiongkok menciptakan keunggulan cepat di awal game pertama. Kombinasi serangan yang apik ditambah kesalahan-kesalahan sendiri dari kubu Indonesia mengantar Chen/Chen sukses mengungguli Rinov/Pitha dengan 3-9.

Ganda campuran Merah Putih sempat berupaya memutus tren positif lawan dengan mendapat tambahan satu angka. Namun, tajamnya smash dari kubu Tiongkok tak mampu dibendung oleh wakil Indonesa, sehingga kedudukan kembali berubah 4-10.

Dalam waktu singkat, Chen Xin/Chen Fang Hui kembali mentup interval set kedua dengan keunggulan. Keduanya terpaut enam angka dari Rinov/Pitha yang baru mengoleksi 5 poin saat interval.

Wakil Indonesia langsung dihajar dengan serangan bertubi-tubi oleh Chen/Chen selepas jeda. Kondisi itu membuat Rinov/Pitha gagal mengikis ketertinggalan dan tertinggal makin jauh dengan 5-13.

Unforced errors yang dilakukan pasangan Tiongkok sempat memberi angin segar buat duo Merah Putih. Akan tetapi, situsi ini tak bertahan lama, dengan ganda campuran China kembali melesat hingga kedudukan 8-16.

Rinov/Pitha berupaya keras untuk comeback setelahnya. Mereka sanggup mengumpulkan tambahan lima poin beruntun, yang membuat wakil Indonesia cuma tertinggal tiga angka di kedudukan 13-16.

Pebulu tangkis Tanah Air sempat kembali memperkecil jarak menjadi hanya dua poin di kedudukan 15-17 dan 16-18. Malang, upaya tersebut belum cukup menghentikan laju Chen/Chen yang kembali mencuri kemenangan di set kedua dengan skor akhir 16-21 untuk keunggulan wakil China.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Wakil Indonesia di Perempat Final Australian Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-7: Anthony Sinisuka Ginting vs Prannoy H.S. (India)

Pertandingan ke-8: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

 

Lapangan 3

Pertandingan ke-1: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Cheng Xing/Chen Fang Hui (China); 16-21, 16-21

Pertandingan ke-4: Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan vs Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) 

 

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.