Sukses

Hasil Australian Open 2023: Diadang Wakil China, Shesar Hiren Rhustavito Terhenti di 16 Besar

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Shesar Hiren Rhustavito gagal melaju ke babak perempat final Australian Open 2023. Langkahnya dihentikan oleh wakil China Weng Hong Yang dengan rubber game, 21-16, 10-21, dan 9-21 di fase 16 besar pada Kamis (3/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Shesar Hiren Rhustavito gagal melaju ke babak perempat final Australian Open 2023.

Langkahnya dihentikan oleh wakil China Weng Hong Yang dengan rubber game, 21-16, 10-21, dan 9-21 di fase 16 besar, Kamis (3/8/2023).

Shesar Hiren Rhustavito mengawali game pertama dengan sedikit lambat. Wakil Indonesia bahkan dibuat tertinggal 0-5 oleh pebulu tangkis Tiongkok.

Beruntung, situasi ini tak dibiarkan bertahan terlalu lama. Vito melesat mengumpulkan lima angka berturut-turut sekaligus menyamakan kedudukan menjaadi 5-5.

Setelahnya, Weng Hong Yang kembali mencoba mengambil alih kendali. Ia berhasil menciptakan keunggulan 5-7, sebelum tunggal putra bulu tangkis Merah Putih memaksanya terlibat dalam drama kejar-kejaran skor.

Angka kembar terus tercipta mendekati interval. Akan tetapi, Vito secara mengagumkan mampu meraih dua poin beruntun, yang mengantarnya balik memimpin dengan 11-9 di jeda set pembuka.

Shesar Hiren Rhustavito berupaya mempertahankan dominasinya selepas jeda. Meski beberapa kali nyari dikejar oleh Weng Hong Yang, pebulu tangkis Indonesia masih unggul 19-15 mendekati pengujung game pertama.

Vito bahkan lebih dulu mendapat game point opportunity di posisi 20-16. Tanpa basa-basi, tunggal putra Merah Putih langsung memanfaatkan peluang untuk mengunci kemenangan lewat keunggulan 21-16 di set pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Game Kedua Shesar Hiren Rhustavito vs Wakil Tiongkok

Skenario berbeda tersaji di awal game kedua. Kali ini giliran Shesar Hiren Rhustavito yang lebih dulu berada pada posisi dominan 3-0, sebelum perolehan poinnya disamakan menjad 5-5 oleh wakil Tiongkok.

Pebulu tangkis Indonesia sempat kembali memegang kendali ketika dirinya memimpin di kedudukan 8-6. Namun, Weng Hong Yang yang tampil ulet mampu comeback dengan gemilang sekaligus berbalik mengungguli Vito dengan 8-11 di interval set kedua.

Tunggal putra Tiongkok tampil makin percaya diri selepas jeda. Ia melesat mengumpulkan tambahan tujuh angkat berturut-turut, meninggalkan Vito yang masih terkunci dengan 8 poin.

Weng Hong Yang pun tak menyia-nyiakan momentum yang sudah didapatnya di pengujung game kedua. Dalam waktu singkat, pebulu tangkis China berhasil memaksa laga berlanjut ke set penentu usai mengalahkan Vito dengan 10-21.

3 dari 4 halaman

Game Penentu Shesar Hiren Rhustavito vs Wakil Tiongkok

Pebulu tangkis China tampil makin percaya diri di game penentu. Sementara itu, Rhustavito malah nampak terpuruk serta kesulitan mengembalikan pola permainannya di set pembuka.

Wakil Indonesia bahkan tertinggal sembilan poin di kedudukan 1-10. Vito sempat mencoba mengikis ketertinggalan lewat tambahan dua poin beruntun, tetapi laju angkanya langsung dihentikan oleh Weng Hong Yang saat interval.

Dominasi pebulu tangkis Tiongkok masih belum mampu dipatahkan selepas jeda. Vito tertinggal 8-20 saat Weng Hong Yang sudah mendapat match point opportunity. Dalam waktu singkat, tunggal putra China sudah berhasil menyudahi laga dengan kemenangan. Vito kembali dipaksa takluk 9-21 di game penentu.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Wakil Indonesia di 16 Besar Australian Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-4: Jonatan Christie vs Ng Tze Yong (Malaysia); 20-22, 15-21

Pertandingan ke-5: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong); 13-21, 10-21

Pertandingan ke-7: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Pertandingan ke-8: Anthony Sinisuka Ginting vs Kiran George (India)

Pertandingan ke-9*: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Chiang Chien-wei/Wu Hsuan-yi (Chinese Taipei)

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-1: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia); 21-16, 17-21; 21-19

Pertandingan ke-4: Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China); 9-21, 13-21

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

 

Lapangan 4

Pertandingan ke-5: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan; 18-21, 17-21

Pertandingan ke-7: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang (China); 21-16, 10-21, 9-21

Pertandingan ke-9*: Komang Ayu Cahya Dewi vs Aya Ohori (Jepang)

Pertandingan ke-10*: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang)

 

Ket: Pertandingan pertana dimulai pukul 09.00 WIB. Duel berlabel bintang menandakan lapangan pertandingan berpotensi berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.