Sukses

Hasil Australian Open 2023: Diadang Wakil Malaysia, Langkah Jonatan Christie Terhenti di 16 Besar

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie harus merelakan tiket ke babak perempat final Australian Open 2023 usai takluk dari wakil Malaysia Ng Tze Yong dengan 20-22, 15-21 di fase 16 besar pada Kamis (3/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie harus merelakan tiket ke babak perempat final Australian Open 2023 usai takluk dari wakil Malaysia Ng Tze Yong di fase 16 besar pada Kamis (3/8/2023).

Meski tampil menjanjikan di set pertama, Jojo pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawan usai dipaksa tumbang dengan dua game langsung 20-22, 15-21 dalam pertarungan berdurasi 50 menit.

Jonatan Christie memang dipaksa bekerja keras oleh Ng Tze Yong sejak awal game pertama. Tunggal putra Merah Putih bahkan sempat tertinggal 2-4, sebelum akhirnya mampu menyamakan membalikkan keadaan di kedudukan 5-4.

Malang situasi ini tak bertahan terlalu lama. Wakil Malaysia dengan cepat memutus raihan poin Jojo setelah mengoleksi tambahan empat angka berturut-turut. Ng Tze Yong makin dominan di posisi 8-5.

Namun, pebulu tangkis Indonesia yang ogah menyerah begitu saja mulai menunjukkan upaya untuk mengikis ketertinggalan. Jojo menjadi hanya terpaut satu angka dari lawan di kedudukan 8-9.

Tunggal putra Merah Putih pun sukses memanaskan persaingan dengan mencetak angka penyeimbang 10-10 sebelum menutup interval set pembuka lewat keunggulan tipis 11-10 atas Ng Tze Yong.

Jonatan Christie mencoba mempertahankan keunggulan selepas jeda. Kombinasi serangan agresif ditambah unforced errors dari kubu lawan sukses mengantar tunggal putra Indonesia memimpin enam poin di kedudukan 17-11.

Ng Tze Yong menebar ancaman yang membahayakan Jojo setelahnya. Ia mendapat tambahan empat poin berturut-turut, sehingga membuat kedua pemain menjadi hanya berselisih dua angka dengan 17-15. Wakil Malaysia bahkan mampu menyaamakan skor di kedudukan 18-18.

Persaingan sengit pun tak terhindarkan di pengujung set pertama. Jojo yang sempat lebih dulu mendapat game point opportunity dengan 20-19 harus menunda selebrasinya usai shuttlecock yang dia kirim memanjang di area belakang bidang permainan Ng.

Wakil Malaysia malah berbalik unggul dalam kedudukan 20-21. Laga secara mengejutkan berakhir untuk kemenangan Ng Tz Yong setelah Jojo gagal mencegah terjadinya angka ke-22 untuk pebulu tangkis berusia 23 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Game Kedua Jonatan Christie vs Ng Tze Yong

Bermodal kemenangan di game pertama, wakil Malaysia nampak makin pede melaju di set kedua. Ia bahkan mampu memaksa Jonatan Christie berada di posisi tertinggal 1-4.

Dominasi Ng Tze Yong masih sulit dipatahkan Jojo hingga mendekati interval. Tunggal putra Indonesia terpaut tujuh angka dari lawannya di kedudukan 3-10.

Jojo sempat mengikis ketertinggalan usai mengumpulkan tambahan lima poin beruntun. Namun, wakil Merah Putih pada akhirnya masih tertinggal 8-11 saat jeda.

Jonatan Christie makin kehilangan sentuhannya selepas interval. Ng Tze Yong dibiarkan melaju hingga 8-13. Pebulu tangkis Merah Putih masih mencoba mengumpulkan tambahan poin demi mengejar ketertinggalan setelahnya.

Akan tetapi, upayanya itu belum berbuah manis. Jonatan Christie tertinggal harus mengakui keunggulan pebulu tangkis Malaysia usai unforced errors yang dilakukannya membuat laga berakhir dengan skor 15-21 untuk keunggulan Ng Tze Yong.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Wakil Indonesia di 16 Besar Australian Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-4: Jonatan Christie vs Ng Tze Yong (Malaysia); 20-22, 15-21

Pertandingan ke-5: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)

Pertandingan ke-7: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Pertandingan ke-8: Anthony Sinisuka Ginting vs Kiran George (India)

Pertandingan ke-9*: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Chiang Chien-wei/Wu Hsuan-yi (Chinese Taipei)

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-1: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia); 21-16, 17-21; 21-19

Pertandingan ke-4: Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China); 9-21, 13-21

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

 

Lapangan 4

Pertandingan ke-5: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan 

Pertandingan ke-7: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang (China)

Pertandingan ke-9*: Komang Ayu Cahya Dewi vs Aya Ohori (Jepang)

Pertandingan ke-10*: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang)

 Ket: Pertandingan pertana dimulai pukul 09.00 WIB. Duel berlabel bintang menandakan lapangan pertandingan berpotensi berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.