Sukses

Hasil Australian Open 2023: Adnan/Nita Gagal Susul Rinov/Pitha ke Perempat Final

Ganda campuran bulu tangkis Indonesia Adnan Maulana/Nita Violina Marwah gagal merebut tiket ke perempat final Australian Open 2023 usai takluk dari unggulan kedua asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping, dengan straight game 9-21, 13-21 di babak 16 besar pada Kamis (3/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda campuran bulu tangkis Indonesia Adnan Maulana/Nita Violina Marwah gagal merebut tiket ke babak perempat final Australian Open 2023.

Langkah mereka terhenti di 16 besar usai takluk dari unggulan kedua asal China, Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dengan straight game 9-21, 13-21 dalam durasi wakut 30 menit pada Kamis (3/8/2023).

Adnan Maulana/Nita Violina Marwah langsung dipaksa berada pada posisi tertinggal sejak awal game pertama. Wakil China sanggup mengoleksi dua angka beruntun yang membuat pasangan Indonesia tunduk 0-2.

Ganda campuran muda Tanah Air sempat mencoba mengejar ketertinggalan. Akan tetapi, laju poinnya terhenti selepas kedudukan 4-5, sehingga membuat pasangan Tiongkok makin pede melesat dengan 5-11 saat interval.

Adnan/Nita masih kesulitan mengejar ketertinggalan selepas jeda. Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping dibiarkan mengumpulkan dua angka beruntun, yang membuat mereka kian dominan di posisi 5-13.

Wakil Indonesia mencoba mengikis ketertinggalan setelahnya. Namun, keberuntungan belum berpihak pada Adnan/Nita. Feng/Huang dengan cepat memutus raihan poin pasangan Merah Putih sekaligus mencuri kemenangan di set pertama dengan 9-21.

Skenario tak jauh berbeda tersaji di game kedua. Adnan/Nita tak mampu berbuat banyak dan langsung tertinggal 5-11 saat interval. Berbagai upaya yang dilakukan demi mengejar ketertinggalan pun tak cukup mengantar wakil Indonesia menyaingi torehan poin Feng/Huang.

Dalam waktu relatif singkat, ganda campuran asal Tiongkok mampu menciptakan keunggulan cukup jauh dengan 10-19, sebelum kembali menutup game kedua lewat kemenangan meyakinkan 13-21.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gagal Susul Rinov/Pitha ke Perempat Final Australian Open 2023

Dengan hasil ini, Adnan/Nita dipastikan gagal menyusul rekan senegaranya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang sudah lebih dulu mengamankan tiket ke babak perempat final Australian Open 2023.

Ganda campuran peringkat 17 dunia itu berhak tembus menuju fase selanjutnya usai menaklukkan unggulan kedelapan asal Malaysia Chen Tang Jie/Toh Ee Wei lewat pertarungan sengit rubber game 21-16, 17-21, dan 21-19.

Adapun selain Adnan/Nita dan Rinov/Pitha, Indonesia masih memiliki satu wakil lain dari nomor ganda campuran di babak 16 besar Australian Open 2023. Pasangan juara All England 2020 Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti bakal mencoba melewat adangan wakil Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet pada Kamis (3/8/2023).

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Hasil Wakil Indonesia di 16 Besar Australian Open 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-4: Jonatan Christie vs Ng Tze Yong (Malaysia)

Pertandingan ke-5: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)

Pertandingan ke-7: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Pertandingan ke-8: Anthony Sinisuka Ginting vs Kiran George (India)

Pertandingan ke-9*: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Chiang Chien-wei/Wu Hsuan-yi (Chinese Taipei)

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-1: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (Malaysia); 21-16, 17-21; 21-19

Pertandingan ke-4: Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China); 9-21, 13-21

Pertandingan ke-8: Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan vs Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipei)

 

Lapangan 4

Pertandingan ke-5: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan 

Pertandingan ke-7: Shesar Hiren Rhustavito vs Weng Hong Yang (China)

Pertandingan ke-9*: Komang Ayu Cahya Dewi vs Aya Ohori (Jepang)

Pertandingan ke-10*: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang)

 

Ket: Pertandingan pertana dimulai pukul 09.00 WIB. Duel berlabel bintang menandakan lapangan pertandingan berpotensi berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.