Sukses

Hasil Australian Open 2023: Pukul Kento Momota, Jonatan Christie ke Babak 16 Besar

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengalahkan Kento Momota dari Jepang pada babak 32 besar Australian Open 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie melewati babak 32 besar Australian Open 2023. Tunggal putra Indonesia itu menang atas Kento Momota dari Jepang.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Quay Centre Sydney Olympic Park, Sydney, Rabu (2/8) siang WIB, Jonatan harus berjuang selama 1 jam 12 menit untuk mengalahkan Kento Momota. Dia menang 21-23, 21-14, dan 21-12.

Dengan kemenangan di Australian Open 2023, kini rekor pertemuan Jonotan melawan Momota menjadi 2-5. Pada laga sebelumnya di perempat final Denmark Open 2021, Jonatan tidak bisa melanjutkan laga saat tertinggal 0-15 pada game kedua karena cedera.

"Senang saya bisa menang. Walaupun seharusnya bisa menang dua gim saja," tutur Jonatan usai laga.

"Saat unggul 19-13 hingga 20-16 di game pertama, pola permainan saya memang sedikit berubah. Saya bukan bermain buru-buru, cuma untuk memilih pola menyerang atau bertahan untuk memutus pola lawan."

"Permainan saya malah ragu-ragu dan setengah-setengah. Dampaknya, bola saya sering tanggung dan malah mengenakan Momota," papar Jojo menambahkan.

"Pada game kedua, pola main saya tetap seperti game pertama. Yang penting harus bisa menjaga pikiran dan fokus. Jangan sampai terpengaruh karena kekalahan di game pertama, fokus saya jadi drop. Tetapi, harus lebih tenang, lebih cermat, dan tetap fokus. Saat unggul harus dijaga jangan lengah lagi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jonatan Christie Bermain Lebih Cepat

Pada game ketiga atau penentuan, Jonatan Christie tidak mau kehilangan kendali. Dia terus memimpin perolehan angka, mulai dari 6-1 hingga unggul 11-3 di interval.

Posisi itu bisa dipertahankan hingga menang 21-12 dan merebut tiket ke babak kedua. "Pada gim ketiga, saya terapkan pola bermain lebih cepat. Sebisa mungkin serang duluan. Saya harus cepetin dulu permainan depan, biar saya bisa mendapat poin banyak," ujar pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu.

"Prinsipnya, saya harus bisa menjaga keunggulan poin. Jangan sampai saat unggul, bisa dikejar dan poinnya mepet lagi seperti gim pertama. Kondisinya jangan berubah lagi seperti gim pertama."

"Saya senang bisa menang, walaupun Momota belum balik seperti dulu lagi. Dia tetap merupakan pemain berpengalaman. Performanya tidak beda jauh dengan dulu. Cuma serangannya tidak setajam dulu. Kemenangan ini tentu bagus buat meningkatkan rasa percaya diri saya," pungkas Jojo. 

3 dari 3 halaman

Hasil Australian Open 2023

Rabu, 2 Agustus 2023

Lapangan 1

Pertandingan ke-6: Jonatan Christie vs Kento Momota (Jepang) 21-23, 21-14, 21-11

Pertandingan ke-9: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen (Chinese Taipei)

Pertandingan ke-10: Putri Kusuma Wardani vs Sim Yu-jin (Korea Selatan)

Pertandingan ke-13*: Anthony Sinisuka Ginting vs Ng Ka Long Angus (Hong Kong)

 

Lapangan 2

Pertandingan ke-4: Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs Chah Peng Soon/Cheah Yee See (Malaysia) 21-16, 21-10

Pertandingan ke-12*: Shesar Hiren Rhustavito vs Kantaphon Wangcharoen (Thailand)

Pertandingan ke-13*: Komang Ayu Cahya Dewi vs Tasnim Mir (India)

 

Lapangan 3

Pertandingan ke-5: Ester Nurumi Tri Wardoyo vs Supanida Katethong (Thailand) 7-21, 11-21

Lapangan 4

Pertandingan ke-4: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja 14-21, 21-15, 21-15

Pertandingan ke-10: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.