Sukses

Kapten Liverpool Jordan Henderson Segera Gabung Al Ettifaq, Jurgen Klopp Buka Suara

Jurgen Klopp membeberkan rumor transfer kapten Liverpool Jordan Henderson ke Al Ettifaq. Klub Arab Saudi ini dilatih legenda The Reds Steven Gerrard.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Liverpool Jurgen Klopp memberi konfirmasi terkait penjualan Jordan Henderson ke klub Arab Saudi, Al Ettifaq. Klopp mengakui dirinya sudah menyetujui penjualan itu.

Liverpool dikabarkan sudah sepakat untuk menjual Henderson dengan transfer 12 juta pounds. Henderson dengan demikian akan jumpa dengan legenda Liverpool, Steven Gerrard yang sekarang jadi pelatih di Al Ettifaq.

Henderson kabarnya setuju untuk menyusul Gerard di Al Ettifaq. Tawaran gaji 350 ribu pounds atau Rp 6,7 Miliar per pekan sulit ditolak Henderson yang sudah janji kapten di Liverpool sejak 2015.

Henderson, 33 tahun, masih ikut pramusim Liverpool di Jerman. Namun dia tidak main saat Liverpool gasak Karlsruher 4-2 pada Rabu kemarin.

Jurgen Klopp pun bicara apa adanya soal Jordan Henderson. Manajer Liverpool itu mengatakan, tak banyak hal yang bisa dikonfirmasi untuk saat ini.

"Sebenarnya tak ada hal yang bisa dibicarakan. Banyak hal belum diputuskan. Kami tak perlu bicara soal ini. Bakal ada momen dimana kami mungkin akan bicara soal ini, tapi tidak sekarang," kata Jurgen Kloppp seperti dikutip Metro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jurgen Klopp Belum Tahu Detail Transfer

 

Jurgen Klopp mengaku belum tahu apakah transfer Henderson sudah diselesaikan atau tidak. Dia ogah spekulasi sebelum semuanya jelas.

"Saya tak tahu apakah ada yang sudah diputuskan, itu artinya tak ada yang bisa dibicarakan untuk saat ini. Namun buat kalian ini bisa lebih baik karena bisa spekulasi, dimana lebih menyenangkan. Kalau saya bicara sesuatu, itu tandanya sudah selesai," kata Klopp.

"Pada akhirnya seluruh keputusan dibuat oleh saya. Dan karena saya menghormati pemain, ini ssemua harus atas persetujuan pemain. Di masalah ini sama."

 

3 dari 5 halaman

Bintang Pertama Al Ettifaq

 

Kalau transfer Henderson rampung, dia bakal menjadi transfer pemain bintang pertama di Al Ettifaq. Steven Gerard diyakini menjadi pencetus ide untuk memboyong gelandang 33 tahun ini.

Henderson sudah gabung Liverpool sejak 2011. Dia diboyong dari Sunderland dengan transfer 20 juta euro, empat tahun kemudian dia langsung jadi kapten.

Dia sudah mengemas 7 trofi di Liverpool termasuk trofi Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions. Dia akan jadi pemain Liverpool kedua yang gabung klub Arab Saudi usai Roberto Firmino yang gabung Al Ahli.

 

4 dari 5 halaman

Jordan Henderson Sepakat Secara Lisan

Sebelumnya, Jurnalis asal Italia Fabrizio Romano. mengklaim Henderson dengan Al-Ettifaq sudah sepakat secara lisan, dan penyelesaian transfer serta administrasi akan dibicarakan dalam waktu dekat.

Kabar ini tentunya sangat mengejutkan. Pasalnya, Henderson saat ini masih menjadi andalan dan kapten Liverpool. Bahkan, dia juga masih memiliki sisa kontrak di Anfield dua tahun lagi.

Disinyalir, keinginan Henderson pergi meninggalkan Liverpool lantaran rayuan dari legenda Liverpool, Steven Gerrard. Ia adalah pelatih baru di klub tersebut.

Di sisi lain, Manajer Liverpool Jurgen Klopp kabarnya memberi lampu hijau kepada kapten timnya itu untuk pergi.

Apalagi Al-Ettifaq disebut akan membayar Henderson 700 ribu poundsterling atau sekitar Rp13,7 miliar per pekan, atau empat kali gajinya saat ini di Liverpool.

Henderson bukan satu-satunya gelandang The Reds yang menarik minat dari Arab Saudi. Thiago Alcantara dilaporkan menolak minat dari klub yang tidak disebutkan namanya awal musim panas ini.

Sementara Athletic melaporkan bahwa klub Arab Saudi lainnya, Al Ittihad sedang mempersiapkan tawaran £40 juta untuk Fabinho.

Jika pemain Brasil itu melakukan langkah seperti itu, dia setidaknya akan menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah Liga Pro Saudi.

Hal itu tergantung pada biaya akhir yang disepakati, dengan Ruben Neves pemegang rekor saat ini setelah bergabung dengan Al-Hilal dari Wolves di klub- rekor £47 juta.

Di satu sisi, Kepergian Henderson dari Liga Premier akan memberikan perubahan yang menarik bagi tim nasional Inggris menjelang Kejuaraan Eropa tahun depan.

Belum tentu manajer Gareth Southgate tetap memanggil Henderson untuk memperkuat lini tengah The Three Lions. Sebab, tak dapat dipungkiri, perbedaan kualitas Liga Inggris dengan Liga Pro Arab Saudi.

5 dari 5 halaman

Jordan Henderson Masih Bungkam soal Rumor ke Al Ettifaq

Henderson sejauh ini belum menanggapi kabar tersebut. Ia memilih fokus untuk menggembleng fisiknya di masa pramusim ini.

Namun ada kabar bahwa Henderson tak tertarik untuk pindah ke Arab Saudi. Namun Al Ettifaq tak menyerah.

Mereka dilaporkan siap melipatgandakan gaji Henderson. Dari situ, pemain berusia 33 tahun tersebut mulai bimbang. Ia pun mulai berpikir untuk cabut dari Liverpool

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.