Sukses

Piala Presiden Esports 2023 Hadirkan Kompetisi Khusus untuk Gamers Wanita

Para gamers wanita akan bersaing di game Mobile Legends pada Piala Presiden Esports 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Piala Presiden Esports kembali akan digelar. Memasuki edisi kelima bakal ada terobosan baru. Untuk pertama kalinya akan diadakan kompetisi khusus untuk gamers wanita di Piala Presiden Esports 2023. Mereka akan bersaing di game Mobile Legends: Bang-Bang.

Peluncuran Piala Presiden Esports 2023 dilakukan 18 Juli 2023. Saat diluncurkan baru ada dua game yang dipastikan akan dipertandingkan. Selain Mobile Legends, ada game lokal yakni Lokapala. Untuk Mobile Legends, akan ada dua kategori yakni umum dan khusus wanita.

Piala Presiden Esports 2023 menargetkan akan diikuti oleh lebih dari 50 ribu atlet esports dari berbagai daerah di Indonesia untuk memperebutkan prize pool sebesar Rp 2 miliar.

Terobosan baru dengana danya turnamen khusus wanita diperlukan demi menciptakan esports sebagai olahraga yang kompetitif, terbuka, serta dapat dinikmati oleh khalayak yang luas. Kompetisi esports untuk pemain wanita memang mulai berkibar di Indonesia. Sebelumnya Kincir telah sukses mengadakan IESPL WomenChampionship 2023 pada awal tahun ini.

“Adanya kategori Mobile Legends: Bang Bang Putri ini menjadi upaya untuk pemerataan tersebut. Potensi yang semakin besar ini tentu diharapkan pasar juga makin meningkat. PB ESI akan selalu hadir mendukung hal tersebut. Esports Indonesia tidak akan bertumbuh kalau kita tidak bergerak bersama demi Merah Putih dapat berkibar di pentas dunia,” ujar Ketua Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB ESI Ricky Setiawan seperti dikutip dari Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkuat Ekosistem Esports Indonesia

Sementara itu, Ketua Pelaksana Piala Presiden Esports 2023 Rangga Danu Prasetyo menambahkan kolaborasi lintas sektor juga penting demi memajukan industri esports di Indonesia.

“Ekosistem esports di Indonesia bisa dikatakan sangat luas dan akan terus dikembangkan oleh seluruh pemangku kepentingan yang berkecimpung di dalamnya. Piala Presiden Esports 2023 merupakan bagian dari ekosistem tersebut yang juga semakin berkembang setiap tahunnya,” kata Rangga.

“Ekosistem esports tidak hanya sebatas kepada atlet yang bertanding, tetapi juga mencakup elemen-elemen lain seperti talent, brand ambassador, caster, host, hingga kru yang bekerja di belakang layar. Bukan tidak mungkin jika ke depannya esports tidak hanya menjadi sebuah kompetisi tetapi juga sarana hiburan," ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Proses Piala Presiden Esports 2023 Berakhir Oktober

Periode pendaftaran Piala Presiden Esports 2023 sudah dibuka sejak 13 Juli. Usai seremoni kick off, turnamen akan berlanjut ke tahap kualifikasi yang terbagi menjadi babak kualifikasi regional, kualifikasi tertutup, dan kualifikasi terbuka.

Para finalis dari masing-masing cabang gim akan bertanding di Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2023 yang rencananya diselenggarakan di Tennis Indoor Stadium Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Oktober.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.