Sukses

Marc Marquez Beber Alasan Tetap Ikut MotoGP Belanda dengan Kondisi Patah Tulang Iga dan Jari

Marc Marquez sempat mengikuti beberapa sesi sampai sprint race MotoGP Belanda sebelum putuskan mundur di balapan utama. Pembalap asal Katalunya itu beber penyebabnya.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez kembali menjalani musim terburuk di kariernya pada MotoGP 2023. Dalam 8 seri yang sudah dilewati, Marquez hanya mengoleksi 15 poin dan berada di posisi ke-19 klasemen MotoGP.

Marquez menjalani dua balapan horor pada MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda. MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring menjadi pusat penderitaan pembalap asal Spanyol itu.

Dia mengalami jatuh sebanyak lima kali dan mayoritas highside. Ini membuat dia mengalami patah di tulang iga, jari dan juga engkel.

Dengan kondisi begitu, Marquez tetap ngotot mengikuti MotoGP Belanda sebelum akhirnya mundur saat balapan. Dia sempat finis di posisi ke-19 saat sei latihan Jumat dan posisi ke-17 saat kualifikasi.

Marquez juga sempat ikuti sprint race dan finis di posisi ke-11. Sebelum akhirnya terasa snagat berat sehingga memilih untuk tidak ikut balapan utama MotoGP Belanda.

Namun Marquez ternyata punya alasan untuk tetap melakukan itu dengan kondisi tubuh yang tidak fit. Dia melakukan itu karena ingin menjalani jeda musim panas dengan perasaan dan kepercayaan diri yang lebih tinggi jelang MotoGP Inggris digelar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Marquez Ingin Lebih Percaya Diri Saat Kembali Membalap

 

Marquez mengaku tak pernah menyesal tetap ngotot hadiri MotoGP Belanda meski tak menyelesaikannya. Dia menilai ini lebih baik ketimbang melewati event itu.

"Ini bukan cara terbaik sebelum masuk libur musim panas, tapi ini lebih baik dibandingkan saat saya membalap di Sachsenring," kata Marquez.

"Di Sachsenring, saya mengakhiri lomba dengan highside yang mengerikan. Di Assen, saya juga tak merasa baik, tapi bisa mengendalikan motor MotoGP dengan satu tulang iga patah dan patah jari, dengan kondisi ini saja saya terpaut 0,7 sampai 0,8 detik dari yang tercepat."

 

 

3 dari 4 halaman

Marquez Butuh Terus Ikut Balapan

 

Marquez mengaku butuh untuk terus mengikuti balapan. Soalnya, itu bisa membuat kepercayaan dirinya lebih baik.

"Kalau saya menjalani libur dua bulan dengan perasaan seperti di Sachsenring, percaya saja, itu bukan hal terbaik buat seorang pembalap," ujarnya.

"Saya butuh terus membalap, terus melaju, terus mencoba. Diam di rumah, situasi tak akan pernah berubah," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Kronologi Musim Marquez di MotoGP 2023

 

Marquez mengawali MotoGP 2023 dengan cukup menjanjikan yaitu meraih pole dan podium di sprint race Portimao. Namun semuanya berubah usai ibu jarinya patah karena menabrak Miguel Oliveira sehingga harus absen di tiga balapan.

Insiden di Le Mans, Mugello, juga Sachsenring dan Assen membuat Marquez tak finis satu balapan musim ini. Meski jarang tampil, Marquez sudah jatuh 14 kali dan terbanyak dibandingkan pembalap lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.