Sukses

Antusiasme di Daerah Tinggi, Basket 3x3 Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Masa depan basket 3x3 Indonesia diperkirakan cerah dengan antusiasme besar di daerah-daerah.

Liputan6.com, Jakarta Bola basket 3x3 semakin bergairah di daerah-daerah setelah Perbasi rutin menggelar kompetisi tak cuma di Jabodetabek. Yang terbaru, Perbasi akan menghelat Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2023 Seri Jawa Tengah di Semarang. Turnamen khusus kelompok umur U-18 dan U-23 baik putra maupun putri itu memulainya dengan menghelat City Selection pada 24 Juni di GOR Satria.

Pada City Selection ini akan bertanding sebanyak 168 atlet dari 42 tim. Fase ini untuk mencari 12 tim yang layak melaju ke Province Finals.

Mereka nanti akan diadu dengan 12 tim terbaik hasil dari City Selection Seri Jawa Tengah edisi kedua yang dilaksanakan di GOR Warga, Solo. City Selection edisi kedua Seri Jawa Tengah ini diikuti 208 atlet dari 52 tim.

Dengan demikian, City Selection Seri Jawa Tengah Mandiri 3X3 Indonesia Tournament 2023 total diikuti 376 atlet.

Bagi Jawa Tengah, ini adalah pelaksanaan kedua untuk turnamen yang dilaksanakan PT Supersport Sensation (SSS) International bekerja sama dengan PP Perbasi dan disponsori PT Bank Mandiri, Tbk. Tahun lalu, Seri Jawa Tengah dilaksanakan di Semarang dan Yogyakarta.

Dikatakan Project Director Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis, turnamen ini memang dibuat untuk menjadi panggung para remaja menunjukkan skil bermain basket 3X3. Kontribusinya juga cukup nyata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menambah Jam Terbang Pemain Muda 3x3

“Selain menjadi wadah pebasket muda menambah jam terbang yang sejalan dengan program Perbasi sosialisasikan basket 3x3 sampai ke daerah-daerah, turnamen ini juga sudah terbukti berkontribusi terbentuknya Patriot Muda. Beberapa pemain yang pernah main di turnamen saat ini gabung Patriot Muda,” ungkap Chaerul.

Chaerul menjelaskan, sebagai bentuk nyata sebagai ajang sosialisasi basket 3X3 ke daerah, City Selection Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Seri Jawa Tengah ini digelar di beda tempat. Jika tahun lalu City Selection digelar di GOR Satria dan Planet Futsal untuk di Yogyakarta.

Tahun ini, jatah City Selection Yogyakarta digeser ke GOR Warga, Solo. Hal ini juga terjadi di seri sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Ada Perubahan Tempat Ajang 3x3

Seri Jawa Timur sebagai pembuka ajang ini juga ada perubahan tempat City Selection dari Surabaya ke Lamongan. Kemudian Seri Jawa Barat juga sama.

Perubahan dari pelaksanaan City Selection di Bandung migrasi ke Bogor. Demikian juga di Jakarta. City Selction Seri Jakarta yang tahun lalu dilaksanakan di GOR Soemantri Brodjonegoro digeser ke GOR Bulungan Jakarta Selatan.

“Bagusnya, perubahan tempat itu tidak mempengaruhi antusiasme pebasket muda mengikuti turnamen ini. Sebaliknya, pelaksanaan di tempat baru justru malah bagus animonya. Ini menjadi modal bagus perkembangan Basket 3X3 ke depan,” jelas Buyo, sapaan karib Chaerul Azis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.